HomeBeritaTry Out Pertama Kelas XII SMA Katolik Anda Luri Tahun Ajaran 2013/2014

Try Out Pertama Kelas XII SMA Katolik Anda Luri Tahun Ajaran 2013/2014

Menjelang Ujian Nasional pada tanggal 14-17 April 2014, SMA Katolik Anda Luri menyelenggarakan kegiatan try out tahap pertama pada tingkat sekolah pada tanggal 3-5 Pebruari 2014. Kegiatan  ini  dikhususkan bagi siswa/i kelas XII yang akan menghadapi UN.

Adapun soal-soal try out ini disusun oleh masing-masing guru pengampu mata pelajaran UN berdasarkan SKL. Try out  yang akan berlangsung  selama 3 hari ini diikuti oleh 305 orang peserta. Jumlah tersebut merupakan jumlah angkatan terbanyak dari angkatan-angkatan sebelumnya. Peserta try out ini terbagi dalam 3 kelompok  program studi yaitu: Program Bahasa 21 orang, program IPA 102 orang dan program IPS 182 orang. Try out tahap kedua (terakhir) direncanakan pada tanggal 24-26 Maret 2014, sebulan sesudah ujian sekolah yang akan terselenggara pada tanggal 24 Pebruari-1 Maret 2014. Maksud dari try out tahap pertama ini selain untuk mendapatkan nilai semester VI dan untuk menguji kemampuan para siswa dalam menghadapi UN,  juga menjadii kesempatan bagi  para siswa untuk berlatih menggunakan Lembar Jawaban UN (LJUN) dan peralatan ujian lainnya. Selanjutnya selesai try out tahap pertama ini  para siswa akan dipersiapkan secara khusus dalam menghadapi UN melalui les tambahan dari mata pelajaran UN. Karena itu, mata pelajaran tertentu yang  bukan mata pelajaran  UN seperti  Pendidikan Agama, KWN, Sejarah, TIK, Penjaskes, SeniBudaya, Mulok, Ketbing untuk porgram Bahasa dan IPA serta Ketakun untuk program IPS tidak akan diberikan lagi dalam kegiatan tatap muka sampai tiba saatnya para siswa mengikuti Ujian Nasional.
Beberapa siswa yang mewakili rekan-rekannya dari setiap Program Studi mengungkapkan pendatapatnya tentang  tryout ini. Melania Rambu Day (XII-Bahasa) mengatakan bahwa try out kali ini baginya bukan hanya sebuah ajang untuk mencoba menguasai dan melatih diri dalam mengerjakan soal-soal, namun yang paling penting adalah bagaimana ia belajar untuk mandiri dalam mengerjakan sesuatu. Silvia Maria Ervina Sada (XII-IPA) mempunyai kesan bahwa soal-soal try out pertama ini cukup mudah untuk dikerjakan. Ia berharap agar setelah try out ini, sekolah dapat mengadakan lagi try out ke-2, ke-3 dan seterusnya hingga menjelang UN, karena soal-soal try out menjadi bahan persiapan dalam menghadapi UN. Christian Sarlinto Odje (XII-IPS1) mengatakan bahwa kegiatan try out ini bermakna sangat positif karena dapat melatih mental dan kesiapan belajar siswa sebelum menempuh Ujian Nasional. Ia berharap agar teman-temannya bisa memanfaatkan try out ini  sebaik mungkin sebagai ajang untuk mengukur kesiapan meraka dalam menghadapi UN nanti pada bulan April.





Share
comments

Tulisan Lain

Go to top