HomeBeritaKerusakan Akibat Gempa di SMA Katolik Anda Luri

Kerusakan Akibat Gempa di SMA Katolik Anda Luri

Gempa bumi  berkekuatan 5,4 SR yang mengguncang kota Waingapu dan sekitarnya pada hari Kamis, 31 Oktober 2013 sekitar pukul 08.30 Waktu Indonesia Tengah telah membuat panik warga kota Waingapu dan sekitarnya. Gempa terjadi pada saat warga sedang melakukan aktivitas rutin  di pagi hari. Diperkirakan pusat gempa berada di kabupaten Manggarai Barat, Flores.

Goncangan gempa tersebut mengakibatkan tembok pada  gedung utama SMA Katolik Anda Luri  mengalami retak-retak dan plafon ruang kelas XII-IPS1 runtuh. Beruntung ketika terjadinya gempa semua guru, pegawai dan siswa/i sedang mengikuti perayaan misa syukur dalam rangka hari ulang tahun SMA Katolik Anda Luri yang ke-54 di Gereja Katolik Sang Penebus Wara-Waingapu. Keretakan  yang terjadi pada tembok dan runtuhnya plafon pada gedung utama  tersebut, selain karena gempa juga disebabkan oleh bangunannya yang sudah tua, lapuk dan keropos karena telah dimakan usia. Bangunan gedung utama yang telah berusia 54 tahun itu mempunyai keunikan tersendiri karena didesain dengan gaya arsitektur yang berbeda dari semua gedung sekolah di Kota Waingapu bahkan di Pulau Sumba. Selain gedungnya yang unik, terdapat juga satu ruangan pertemuan umum bagi guru dan siswa yang dinamakan ruangan bertingkat (ruangan fisika) pada waktu itu, yang  tempat duduknya dirancang khusus bertingkat-tingkat. Namun ruangan tersebut telah direnovasi untuk dijadikan ruangan laboratorium komputer sekarang. Karena itu perlulah dilakukan rehabilitasi total dengan tetap mempertahankan desain bangunannya. Niat untuk merehabilitasi total gedung utama SMA Katolik Anda Luri agar menjadi sarana belajar yang layak dan nyaman bagi putra-putri bangsa ini, khususnya bagi putra-putri Sumba, tentu harus berangkat dari perencanaan yang matang dan didukung modal yang cukup. Untuk diketahui, keuangan di SMA Katolik Anda Luri dibantu oleh dana BOSS yang berasal dari APBD Pemda Sumba Timur sebagai dana operasional sekolah dan iuran YAPNUSDA Rp 100.000/bulan/siswa untuk memberi gaji guru dan pegawai swasta serta honor bagi guru honorer di sekolah. Rencana ini hanya dapat terlaksana kalau ada dukungan dan kerjasama dari semua pihak  yang  peduli terhadap lembaga pendidikan SMA Katolik Anda Luri termasuk para Alumni yang dilahirkan dari rahim Anda Luri.


Sekilas info tentang SMA Katolik Anda Luri Luri

SMA Katolik Anda Luri didirikan  pada tanggal  20 Oktober 1959, dan  merupakan SMA pertama di Pulau Sumba serta menjadi SMA ke-4 di Propinsi NTT setelah SMA Negeri 1 Kupang, SMA Katolik Syuradikara-Ende dan SMA Katolik Surya Atambua. Kehadiran SMA Katolik Anda Luri telah berhasil membangun manusia seutuhnya. Beberapa  hal yang sudah dirintis dari SMA Katolik Anda Luri  antara lain:
a. Gerakan ekumene.
Sejak awal berdirinya, SMA Katolik Anda Luri telah menjunjung tinggi toleransi kehidupan beragama dengan golongan lain sehingga siswa/i yang beragama kristen protestan di SMA Katolik Anda Luri tetap mendapatkan pelayanan pendidikan agama kristen protestan oleh Pendeta atau Guru Agama Kristen.
b. Drum Band SMA Katolik Anda Luri
Kehadiran Grup Drum Band SMA Katolik Andaluri telah menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah negeri maupun swasta di Waingapu sehingga sekarang ini hampir semua jenjang pendidikan baik dari TK sampai SLTA telah mempunyai Drum Band.


Eksistensi SMA Katolik Anda Luri di Pulau Sumba ini tidak diragukan lagi, karena sejumlah prestasi telah diukirnya bukan saja di bidang pendidikan, tetapi juga di bidang seni dan olah raga serta telah memberi andil yang sangat besar bagi kemajuan pendidikan di tanah air, khususnya kemajuan pendidkan di Pulau Sumba ini. Melalui pendidikan yang baik dan bermutu di SMA Katolik Anda Luri, banyak putra-putri daerah yang  telah berhasil menjadi pemimpin di negeri ini, baik di tingkat daerah  maupun di tingkat pusat, antara lain: Ir. Umbu Mehang Kunda, MSi (alm.) (mantan anggota DPR dan mantan Bupati Sumba Timur), Ir. Emanuel Babu Eha (mantan Wakil Bupati Sumba Timur dan sekarang menjadi anggota DPD), dr.Matius Kitu, SPB (dokter ahli spesialis bedah dan sekarang wakil Bupati Sumba Timur), dr. Kornelis Kodi Mete (sekarang Bupati SBD), Prof. Ir. Frans Umbu Datta, M.App,Sc,Ph.D (Rektor Undana Kupang), Pater Dr. Mateus Mali, CSsR (Dosen Universitas Sanata Dharma-Jogyakarta), Rm. Dr. Herman Punda Panda, Pr (Dosen Seminari Tinggi St. Mikael-Kupang), dan lain-lain yang tidak disebutkan satu persatu.

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top