HomeBeritaSMAK Anda Luri Menjadi Tuan Rumah Olimpiade Bahasa Jerman Se-Sumba

SMAK Anda Luri Menjadi Tuan Rumah Olimpiade Bahasa Jerman Se-Sumba

SMA KATOLIK ANDA LURI MENJADI TUAN RUMAH

 OLIMPIADE II BAHASA JERMAN SE-SUMBA

 

Setelah tahun sebelumnya, 2018, olimpiade Bahasa Jerman I dilakukan di Sumba Barat Daya dengan tuan rumah SMK Pancasila Tambolaka, tahun 2019 ini olimpiade yang sama akan dilaksanakan dengan tuan rumah SMAK Anda Luri. Olimpiade ini adalah yang kedua dilaksanakan di Sumba yang akan berlangsung  pada Jumat dan Sabtu, 22 dan 23 November 2019. Olimpiade ini melibatkan semua sekolah yang menyelenggarakan pelajaran Bahasa Jerman.

 

 

Sebagaimana dikisahkan oleh P. Dominikus Rihi Mone, S.S., B.Th., M.A., C.Ss.R selaku Kepala SMA Katolik Anda Luri, olimpiade ini dilaksanakan dari waktu yang sudah lama. Pelaksanaannya tidak dalam ukuran batasan wilayah atau apapun. Kadang dibentuk dalam batasan provinsi, bisa juga dalam batasan sebuah pulau. Yang terpenting adalah ada semangat orang untuk melaksanakannya sekaligus telah terbentuk Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia di sana yang telah terkonfrmasi ke Lembaga Bahasa dan Kebudayaan Jerman Goethe Institut di Jakarta.  Lembaga ini berada di seluruh dunia dan melayani semua orang dari berbagai negara yang ingin belajar Bahasa dan kebudayaan Jerman  dengan biaya yang tentu saja disediakan cukup besar. Untuk wilayah Indonesia, Goethe Institut  terdapat hanya di dua wilayah ialah Jakarta dan Bandung.

 

Sebelum pelaksanaan olimpiade di Sumba, pada tahun 2017 sekolah-sekolah di Sumba diundang oleh pihak Kupang untuk mengikuti kegiatan olimpiade Bahasa Jerman di sana tetapi tidak banyak ditanggapi kecuali oleh SMAN Melolo. Cerita positif yang diraih para peserta dari SMAN Melolo di Kupang inilah yang kemudian memantik semangat para guru Bahasa Jerman di wilayah Sumba. Maka Ibu Emi yang dulu pernah mengajar di SMA St. Alfonsus tetapi saat ini di SMAN Loura akhirnya mengajak para guru Bahasa Jerman di Sumba untuk mendiskusikan tentang kemungkinan membentuk Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia Cabang Sumba. Diskusi itu akhirnya berhasil membentuk organisasi tersebut pada tahun 2018.

 

Ikatan guru Bahasa Jerman inilah yang kemudian dengan semangat kebersamaan berusaha untuk mencari dana dari berbagai pihak bahkan dari pribadi mereka untuk menghimpun dana bagi penyelenggaraan olimpiade di daratan Sumba. Dengan modal semangat dan kemauan yang kuat, kemudian mengajukan permohonan ke Goethe Institut. Permohonan itu disetujui sehingga pada tahun yang sama yakni 2018 dilaksanakanlah Olimpiade bahasa Jerman I di Sumba Barat Daya dengan tuan rumah SMK Pancasila Tambolaka.

 

Olimpiade yang dilaksanakan di SMAK Anda Luri ini selain menyelenggarakan olimpiade utama secara tertulis, juga menyelenggarakan beberapa mata lomba, seperti cerdas-cermat Bahasa Jerman dan lomba Vocal Group Lagu Pop Jerman. Dipastikan bahwa para siswa yang berhasil meraih kemenangan dalam olimpiade II ini kemudian akan mengikuti lomba Olimpiade Bahasa Jerman tingkat nasional di Jakarta.

 

Hasil akhir penyelenggaraaan olimpiade ini adalah :

1.      Lomba Olimpiade Utamanya SMAN Kanelu Sumba Barat Daya menjadi juara I dan II disusul  SMAN Melolo sebagai juara III dan SMAN Rindi Umalulu juara III

2.      Cerdas Cermat SMA Katolik Anda Luri Juara I, disusul SMAN 1 Waingapu sebagai juara II, dan SMK Pancasila Tambolak SBD sebagai juara III

3.      Vocal Group Lagu Pop Jerman SMAK Anda Luri sebagai juara I, disusul SMAN 1 Waingapu sebagai juara II dan SMAN 2 Waingapu sebagai juara III

 

Dari hasil ini akhirnya dipilih 2 orang peserta dari SMAN Kanelu dan 1 peserta dari SMAN Melolo untuk mewakili Sumba menuju ke olimpiade tingkat Nasional di Jakarta.

 

Pelaksanaan olimpiade utama (tertulis) ini diawasi serta hasilnya diperiksa langsung  oleh staf dari Goethe Institut Jakarta yang diutus langsung sedangkan juri cerdas-cermat dan vocal group diambil dari kalangan para guru Bahasa Jerman dan Seni Budaya  oleh panitia kecil penyelenggaranya. ***

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top