HomeBeritaPerayaan HUT ke-60 SMAK Anda Luri

Perayaan HUT ke-60 SMAK Anda Luri

SMA Katolik Anda Luri genap berusia 60 tahun pada tanggal 20 Oktober 2019. Sebagai tanda syukur, keluarga besar SMAK Anda Luri (para guru baik yang masih aktif maupun yang telah purnabhakti, karyawan, siswa-siswi, alumni) merayakannya dalam Misa Syukur yang dipimpin oleh Pater Wilhelmus Ngongo Pala, C.Ss.R, alumni angkatan tahun 1985 pada hari Senin, 21 Oktober 2019 bertempat di Lapangan Basket sekolah.

Perayaan HUT ini telah disuarakan oleh sejumlah alumni dari beberapa titik terutama Jakarta untuk menjadikannya sebagai momentum untuk Reuni Akbar dan karenanya bertekad untuk mengajak seluruh alumni dari seluruh angkatan untuk bergabung di Almamaternya.

Dengan memanfaatkan jasa media sosial keinginan ini ditiupkan dan mendapat respon sangat positif pada awalnya. Namun entah mengapa kemudian surut dan selanjutnya koordinasi dengan sejumlah alumni yang bermukim di daratan Sumba sebagai penghubung yang diharapkan menjadi dingin.

Terlepas dari apa penyebabnya, akhirnya perayaan ini tetap berlangsung dengan peran serta alumni yang tetap ditunjukkan melalui Bapak Soleman Moto dan Florida Dapa yang berada di Waingapu sebagai koordinator alumni untuk perayaan ini. 

Untuk merintis pelaksanaan Reuni alumni dan perayaan HUT itu sendiri, alumni tetap melaksanakan Launching Kegiatan HUT SMAK Anda Luri dengan sejumlah kegiatan antara lain melaksanakan pemangkasan rambut gratis untuk para siswa dan guru yang berminat, mendandani wajah para siswi dan para ibu guru yang berminat dan beberapa olahraga ringan bersama.

Di tingkat internal sekolah, Osis menyelenggarakan sejumlah kegiatan untuk menyongsong hari bahagia itu dengan sejumlah kegiatan seperti Lomba Vokal Group antarkelas, lomba membaca puisi antarsiswa, pertandingan Futsal antarkelas, dan lain-lain. 

Perayaan puncak HUT SMAK Anda Luri dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2019 satu hari setelah tanggal sekolah ini berdiri. Hal ini dilakukan karena tanggal 20 Oktober 2019 tepat jatuh pada hari Minggu. Namun demikian sejak Sabtu, 19 Oktober 2019 telah dilaksanakan beberapa kegiatan seperti Jalan Pagi Bersama dilanjutkan dengan beberapa kegiatan rekreatif bersama. Kegiatan ini melibatkan alumni yang berkesempatan hadir, para guru, karyawan, dan seluruh siswa. Selanjutnya pada hari Minggu, 20 Oktober 2019 siang hari, dilanjutkan beberapa kegiatan persiapan seperti pembuatan tenda acara, dan sejumlah persiapan.

Perayaan misa syukur yang dipimpin P. Willy didampingi oleh P. Dominikus Rihi Mone, CSsR selaku kepala sekolah dan sejumlah imam konselebran yang sebagian di antaranya adalah alumni disemarakkan oleh paduan suara dan kelompok pemain musik SMAK Anda Luri di bawah pimpinan Pak Leksi Kodu dan pak Magxi Bon Junior yang sebelumnya turut dipersiapkan oleh P. Kus, C.Ss.R, Kepala SMAK Anda Luri, yang dikenal sebagai figur multi talenta. 

Dengan mengajak segenap peserta perayaan untuk memutar kembali film kenangan mengeyam pendidikan di SMAK Anda Luri dulu dan saat ini,  P. Willy dalam khotbahnya mengungkapkan berbagai  kenangan menjadi bagian dari sekolah ini dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada. Dalam keyakinan bahwa pembukaan SMAK Anda Luri ini secara kuat diinspirasi oleh motto misionaris Redemptoris yakni Copiosa Apud Eum Redemptio (Pada Tuhanlah ada Penebusan Berlimpah), P. Willy menegaskan bahwa para alumni maupun para siswa yang tengah mengenyam pendidikan telah dan sedang menjadi orang muda Sumba yang pernah dan sedang mendapat kesempatan tidak hanya “menerima pendidikan” melainkan “menjadi orang terdidik” yang memungkinkan mereka mengidentifikasi dan merealisasikan bakat individu untuk melayani visi bersama bagi masa depan sendiri, keluarga, bangsa dan negara dalam arti luas dan demi mewartakan makna penebusan bagi banyak orang dalam tugas dan pekerjaan sehari-hari. 

Dalam bagian lain khotbahnya, P. Willy, C.Ss.R mengutip teks bacaan pertama dari kitab Yeremia yang berbunyi, “Jangan katakan aku masih muda, pergilah sekarang kepada mereka di mana kamu Kuutus, jangan takut karena Aku bersamamu untuk melindungimu.”  Dalam kaitan dengan itu, P. Willy mengajak seluruh Andalurian untuk berani bermimpi. “Please, never stop dreaming!” katanya yang disambut decak kagum seluruh peserta misa. “Kita harus berani ambisius mengerjakan cita-cita. Sebagai umat beriman kita yakin Tuhan akan menyertai kita dalam menjalani perjuangan hidup.” 

Usai misa, seluruh peserta perayaan disuguhi serangkaian acara panggung seperti pertunjukan musik dan lagu, pembacaan puisi dan teater dan sejumlah kata sambutan. Dalam sambutannya, P. Dominikus Rihi Mone, S.S., B.Th., M.A., C.Ss.R selaku kepala sekolah menuturkan kegembiraannya atas pelaksanaan perayaan HUT SMAK Anda Luri yang boleh dihadiri oleh alumni dari beberapa angkatan terutama dihadiri pula oleh 4 pejabat penting dari 3 kabupaten dalam kapasitasnya sebagai alumni. Keempat tokoh tersebut adalah dr. Kornelis Kodi Mete (bupati SBD), Drs. Paulus S.K. Limu (bupati Sumba Tengah), Drs. Gidion Mbilijora, M.Si (bupati Sumba Timur) dan Domu Warandoy, S.H., M.Si (Sekda Kabupaten Sumba Timur).

Di bagian lain, Kepala Sekolah menyilakan para alumni untuk menikmati keadaan kompleks almamaternya dengan sejumlah perkembangan yang sudah dan tengah dilaksanakan demi kemajuan sekolah ini. Ia tak lupa pula untuk menjelaskan sejumlah usaha seperti beberapa perbaikan fisik gedung, pembangunan ruang kelas dan perpustakaan baru dan prestasi yang telah dicapai, Ia  berharap bahwa kerja keras para guru dan siswa serta dukungan banyak pihak akan memungkinkan sekolah ini semakin membesarkan hati semua orang.

Keempat tokoh alumni yang hadir mendapat pula kesempatan untuk berbicara dan menuturkan nostalgia saat mengenyam pendidikan di SMAK Anda Luri. Khusus ketiga bupati itu juga mengungkapkan kesediaannya untuk memberikan dukungan kepada sekolah ini karena bagaimanapun juga para siswa yang mengenyam pendidikan di sini dalam kapasitasnya sebagai alumni sebab bagaimanapun para siswa yang mengenyam pendidikan di SMAK Anda Luri adalah warga dari wilayah kabupaten yang mereka pimpin.

Dalam kesempatan yang menggembirakan ini, sejumlah alumni dari bebeberapa angkatan secara bergantian menyerahkan donasi ke pihak sekolah sebagai bentuk dukungan mereka terhadap kegiatan pengadaan fasilitas pendukung kegiatan belajar yang tengah diusahakan oleh sekolah.

Perayaan yang berlangsung di bawah cuaca yang sangat panas itu diakhiri dengan resepsi dan rekreasi bersama hingga sore hari. ***

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top