HomeBeritaSMAK Anda Luri Peringkat 50 Besar UNBK Tingkat Propinsi NTT

SMAK Anda Luri Peringkat 50 Besar UNBK Tingkat Propinsi NTT

Tahun pelajaran 2018-2019 merupakan tahun pertama SMAK Anda Luri menjalani UNBK. Sebagai sebuah pengalaman pertama, ujian ini menyimpan kecemasan siswa maupun guru. Kecemasan itu muncul ketika membayangkan kesulitan teknis mengerjakan soal di kalangan peserta ujian yang boleh jadi menunjukkan hasil yang tidak optimal, belum lagi menguatirkan kesulitan teknis dengan aspek gangguan jaringan yang bisa saja terjadi.

Kecemasan itu kemudian terjawab ketika para peserta ujian dapat menjalani ujian ini dengan lancar dan baik demikian pula gangguan teknis lainnya yang dikuatirkan ternyata tidak terjadi. Justru sebaliknya hasil yang dicapai para siswa peserta ujian mendatangkan kegembiraan.

 

Dalam acara pembagian hasil UN di Aula SMAK Anda Luri bersama orang tua/wali siswa pada Senin, 13 Mei 2019, kepala SMAK Anda Luri menyampaikan hasil yang dicapai oleh peserta UNBK. Berdasarkan perolehan nilai UNBK yang dicapai seluruh SMA penyelenggara UNBK tingkat propinsi NTT, SMAK Anda Luri masuk dalam peringkat 50 besar tepatnya peringkat ke-40. Peringkat 50 besar yang dicapai SMAK Anda Luri oleh karena ada 2 peserta dari program XII Bahasa yang menduduki peringkat 50 besar. Kedua siswa itu adalah Maureno Bonaventura Koti dengan jumlah nilai 302 berada pada urutan ke-20 dan Alicia Christabel Sukamto dengan jumlah nilai 300,50 berada pada urutan ke-23 dari seluruh peserta UNBK di NTT yang berjumlah lima ribuan.

Berdasarkan  peringkat program studi di tingkat propinsi NTT, Program Bahasa SMAK Anda Luri menduduki peringkat 3, program IPA peringkat ke-30, dan IPS peringkat ke - 48. Di tingkat Kabupaten Sumba Timur, program Bahasa dan IPS berada pada peringkat 1 sedangkan IPA peringkat 2. Capaian nilai beberapa mata pelajaran UNBK menempati posisi 5 besar di tingkat kapupaten Sumba Timur dengan rincian sebagai berikut :

Pertama : Program Bahasa : pelajaran Bahasa Indonesia mencapai peringkat 1 dan 5. Bahasa 

               Inggris peringkat 2 dan 5. Matematika peringkat 3 dan 4. Antropologi peringkat 3 dan

               4. Bahasa Jerman peringkat 1-3.

Kedua    : Program IPA : pelajaran Bahasa Indonesia mencapai peringkat 1 dan 5. Kimia

               mencapai peringkat 2.

Ketiga    : Program IPS : Bahasa Inggris peringkat 1,3,4 dan 5. Bahasa Indonesia peringkat

               1,3 dan 5. Ekonomi peringkat 1-5. Sosiologi peringkat 2-5. Geografi peringkat 1-4, dan

               Matematika peringkat 2-5.

Berdasarkan standar kelulusan yang telah ditetapkan dalam rapat Dewan Guru pada tanggal 11 Mei 2019, maka hasil akhir USBN dan UNBK yang dicapai SMAK AndaLuri tahun pelajaran 2018-2019 mencapai 100 % dengan jumlah peserta dari seluruh program (Bahasa, IPA, dan IPS) sebanyak 164 orang. Seorang peserta dinyatakan lulus jika yang bersangkutan mencapai nilai minimal 40 pada setiap mata pelajaran USBN dan 10 pada pelajaran UN. 

"Kami tidak serta merta menempatkan capaian di atas sebagai capaian yang sangat membagakan dan memuaskan, melainkan menjadi isyarat serius untuk memantik lagi semangat kerja dan belajar pada para guru dan siswa untuk menghadapi tantangan di tahun-tahun berikutnya. Tetapi kami menyadari bahwa capaian itu benar-benar adalah suatu potret kerja yang serius dari para guru dan persiapan diri pada para siswa kam", kata Kepala SMAK Anda Luri menutup sambutannya yang disambut tepuk tangan hadirin. ***

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top