HomeBeritaRapat Penentuan Kelulusan Siswa Kelas XII SMAK Anda Luri Angkatan 2018/2019

Rapat Penentuan Kelulusan Siswa Kelas XII SMAK Anda Luri Angkatan 2018/2019

Penentuan kelulusan siswa kelas XII SMAK Anda Luri dilakukan melalui rapat dewan guru,11 Mei 2019 di Aula SMAK Anda Luri. Dalam kesempatan itu, P. Dominikus Rihi Mone, SS., B.Th., MA, CSsR mengatakan, "Tugas seorang guru adalah membuat siswa dari tidak tahu menjadi tahu dan dari suasana gelap menjadi terang. " Kepala sekolah mengakui bahwa para siswa yang datang ke SMAK Anda Luri kebanyakan berasal dari SMP-SMP luar kota bahkan luar daerah dengan kemampuan yang rendah selain dari dua SMP di Sumba yang tergolong bagus yakni dari SMP Kristen Kasih Agape Waingapu dan SMP Katolik St.Josef

Kepala sekolah menyatakan hal ini berkaitan dengan kenyataan bahwa kebanyakan siswa memiliki tulisan yang kurang bagus dan bahkan ia harus membimbing dan memberi mereka tugas  secara khusus untuk menulis indah.

Dalam rapat tersebut kepala SMAK Anda Luri menyoroti bimbingan guru kepada siswa/i di sekolah ini. Dengan mengingatkan kembali pada khotbahnya dalam sebuah misa requiem untuk seorang mantan guru SMAK Anda Luri yang meninggal dunia ia menegaskan kembali bahwa guru hanya bisa berbagi kalau ia mempunyai sesuatu. Penegasan ini bertujuan untuk mengingatkan para guru agar sungguh mempersiapkan diri, terus belajar memperdalam ilmu yang dimilikinya sehingga dapat membimbing siswa secara optimal.

Kepala Sekolah menambahkan walaupun keberhasilan seorang siswa bukan semata-mata tanggungjawab guru (sekolah) melainkan sebagai tanggung jawab bersama orangtua, masyarakat, pemerintah dan siswa itu sendiri namun ia tetap berharap agar para guru tetap meyakini bahwa hanya dengan persiapan yang benar dan cermat, siswa dapat diantar pada titik sukses yang baik.

Untuk semakin memperkuat tim guru dan semakin mendekati hasil yang baik, Kepala Sekolah memberikan harapan bahwa 3 atau 4 orang imam baru  dari antara 17 calon imam Redemptoris yang akan ditahbiskan pada tahun 2020, akan ditempatkandi SMAK Anda Luri.

Di tengah semacam kecemasan ini, Kepala sekolah juga mengajak para guru untuk bergembira atas hasil UNBK yang dicapai sekolah ini. Dari hasil UNBK, dua orang siswa SMAK Anda Luri program bahasa mengukir prestasi di tingkat propinsi NTT.

Prestasi yang dicapai dari kedua siswa tersebut masuk dalam kategori 50 besar. Kedua siswa itu adalah Moureno Bonaventura Koti peringkat ke-20 dengan jumlah nilai 302 dan Alicia Christabel Sukanto peringkat ke-23 dengan jumlah nilai 300,50. " Hasil ini tentu adalah hasil kerja keras kita dan hasil yang dicapai akan semakin menggembirakan kalau seluruh guru dan karyawan bersinergi membangun etos kerja yang baik dan rapi" tambah Kepala Sekolah mengakhiri rapat tersebut. ***

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top