HomeBeritaPengebumian Jenasah Almarhum Bapak Drs.Rufinus Ng.Kaka

Pengebumian Jenasah Almarhum Bapak Drs.Rufinus Ng.Kaka

Upacara pengebumian jenazah almarhum bapak Rufinus Ng.Kaka dilaksanakan pada Kamis,11 Januari 2018. Sebelum dikebumikan, jenazah almarhum dibawa dari rumah duka menuju ke SMAK Anda Luri tempat hampir seluruh hidupnya dibaktikan diiringi rombongan keluarga dan seluruh pelayat yang hendak mengikuti pemakamannya. Jenazah dan rombongan dijemput di gerbang kompleks SMAK Anda Luri oleh para siswa-siswi, guru, karyawan/wati SMAK dan SMPK Anda Luri yang membentuk pagar betis. Dalam keharuan yang mendalam, Paskibraka SMAK Anda Luri menerima peti jenazah untuk dibawa ke Aula.

Di antara pagar betis siswa-siswi SMAK Anda Luri dan SMPK Anda Luri, peti jenazah dipikul 8 orang Paskibraka SMAK Anda Luri untuk kemudian secara resmi diserahkan keluarga melalui Putra almarhum Florensius Romario Kaka untuk disemayamkan dan selanjutnya dimakamkan secara simbolis dalam upacara kedinasan. Dari para anggota Paskibraka, jenazah selanjutnya diterima dan diusung oleh para guru yang telah disiapkan untuk itu menuju tempat yang telah disiapkan.

Upacara kedinasan dilaksanakan di Aula itu dipimpin oleh Kepala SMAK Anda Luri, Pater Dominikus Rihi Mone,SS,B.Th,MA,CSsR sebagai pembina upacara. Dalam upacara yang berlangsung singkat namun khidmat itu pembina upacara menyampaikan kata-kata terakhir untuk menghormati almarhum selaku seorang guru yang masih tengah aktif tetapi lebih dari itu sebagai penghormatan atas jasanya selaku mantan Kepala Sekolah. Lagu Hymne Guru dan lagu Gugur Bunga oleh paduan suara SMAK Anda Luri menjadikan suasana bertambah haru dan menyedihkan.

Segera setelah upacara kedinasan di SMAK Anda Luri, jenazah diberangkatkan kembali ke gereja Paroki MBSM dalam iring-iringan keluarga dan seluruh rombongan pelayat dan keluarga besar SMAK dan SMPK Anda Luri untuk acara misa pemakaman. Jenazah almarhum akhirnya dimakamkan di Pekuburan Katolik Paroki MBSM Kambajawa.

Almarhum meninggalkan seorang istri dan dua orang anak. Ia telah tiada tetapi ia telah menyimpan banyak kenangan dalam karyanya sebagai pendidik dan sebagai Kepala Sekolah, juga sebagai fungsionaris dalam Dewan Paroki di dua paroki di kota Waingapu ialah Paroki Sang Penebus Wara dan terakhir Paroki Maria Bunda Selalu Menolong Kambajawa sebagai Wakil Ketua Dewan Pastoral Paroki.

Dalam dunia pendidikan, almarhum memulai karirnya sebagai guru segera setelah menyelesaikan kuliahnya di IKIP Sanata Dharma Yogyakarta pada tahun 1983. Karirnya dimulai SMP Katolik Wona Homba Karipit Sumba Barat Daya (almamaternya) pada tahun1984 selama 6 bulan. Pada paruh kedua tahun yang sama, Bapak Rufinus Ng.Kaka dipindahkan ke SMAK Anda Luri sebagai guru sejarah. Di SMAK Anda Luri, almarhum pernah menjabat sebagai pembina OSIS pada masa kepemimpinan almarhum bapak D. P. Andelo, BA. Pada tahun 1999, ia diangkat oleh Yapnusda Sumba Timur sebagai kepala SMAK Anda Luri untuk menggantikan bapak D. P. Andelo, BA.

Seluruh hidupnya telah diabdikan untuk kemajuan pendidikan di SMAK Anda Luri dan juga untuk perkembangan  gereja. Peristiwa kepergian bapak Rufinus untuk selama-lamanya meninggalkan duka yang mendalam bagi civita academica SMAK Anda Luri, Yapnusda, dan umat Katolik di wilayah paroki Sang Penebus Wara dan MBSM Kambajawa karena jasa dan pengabdiannya sebagai guru, Kepala Sekolah dan anggota Dewan Paroki.

Selamat jalan, bapak Rufinus. Semoga amal baktimu di dunia berkenan di hadirat Allah. Doakan kami yang masih berziarah dalam perjuangan di bumi ini. Amin. ***

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top