HomeBeritaRetret Siswa Kelas XII SMA Katolik Anda Luri Angkatan 2017/2018 di Puspas Katiku Loku

Retret Siswa Kelas XII SMA Katolik Anda Luri Angkatan 2017/2018 di Puspas Katiku Loku

Kegiatan ret-ret merupakan program kerja sekolah yang dilaksanakan setiap tahun bagi siswa kelas XII SMAK Anda Luri. Karena kegiatan ini merupakan program kerja sekolah maka semua siswa kelas XII wajib mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan menjelang pelaksanaan USBN dan UN. Bagi angkatan 2017/2018 retret ini dilksanakan selama 3 hari yakni tanggal 2-4 Maret 2018. Tempat kegiatan ret-ret di Puspas, Katiku Loku, Analang, Kabupaten Sumba Tengah. Tema retret yaitu Who Am I (Siapakah Aku).

Pemilihan tema ret-ret bersifat umum, sehingga kegiatan ini tidak bermaksud mengarahkan siswa/i dari agama lain untuk masuk ke agama tertentu. Sebelum bertolak ke tempat retret, para siswa berkumpul di halaman depan SMA Katolik Anda Luri. Peserta retret berjumlah 156 orang yang berasal dari program Studi IPA, Bahasa dan IPS. Untuk mendalami isi tema, peserta rekoleksi mendapatkan materi  dari empat orang pemateri. Pembawa materi rekoleksi yaitu  Rm. Stef Si, Pr, Sr. Xaverina, PRR  dan Fr. Yos. Materi rekoleksi terdiri diberikan dalam enam kali pertemuan. Pertemuan 1: Wawancara Pribadi. Pertemuan 2: Gambaran  Diri. Pertemuan 3: Aku dan Orang lain. Pertemuan 4: Aku dan Orang tua. Pertemuan 5: Berdamai Dengan Masa Lalu. Pertemuan 6: Menatap Masa Depan .Materi pertemuan ke-2 dibawakan oleh Sr. Xaverine, PRR. Materi pertemuan ke-3 oleh Fr.Yos. Materi ke-4-6 oleh Rm. Stef Si, Pr. Kegiatan ini dibuka dengan perayaan Ekaristi.

Selama kegiatan berlangsung tidak  ada istirahat siang karena materi yang diberikan cukup banyak .Sedangkan pada malam hari, peserta retret beristirahat pada pukul 22.00 Wita. Aktivitas pada pagi hari yakni bangun pagi jam 5.00, lalu dilanjutkan dengan meditasi dan doa pagi bersama yang dipimpin oleh Fr Yos. Kegiatan ini berakhir pada ,Minggu 4 Maret 2018. Seluruh rangkaian kegiatan  ditutup dengan perayaan Ekaristi. Mudah-mudahan hasil rekoleksi membawa manfaat yang sangat berguna bagi siswa/i kelas XII angkatan 2017/2018.

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top