HomeBeritaRapat Evaluasi Akhir Semester Tahun Ajaran 2016/2017

Rapat Evaluasi Akhir Semester Tahun Ajaran 2016/2017

Dalam rapat dewan guru SMAK Anda Luri ditetapkan sebanyak 15 siswa dinyatakan tidak naik kelas(tahan kelas) pada semester kenaikan kelas tahun ajaran 2016/2017. Rapat evaluasi kenaikan kelas dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2017 di aula SMAK Anda Luri dan diikuti oleh staf dewan guru dan pegawai SMAK Anda Luri. Rapat dipimpin oleh kepala SMAK Anda Luri, P. Dominikus Rihi Mone, S.S,BTh,MA,CSsR. Salah satu agenda utama rapat adalah evaluasi hasil belajar siswa kelas X dan XI SMAK Anda Luri pada tahun ajaran 2016/2017.

Mengawali pembicaraannya sebagai pengantar rapat, Kepala Sekolah mengangkat beberapa hal penting. Dikatakannya, evaluasi merupakan tugas penting bagi seorang guru. Oleh sebab itu semua tugas siswa termasuk hasil ulangan harian, ulangan tengah semester dan ujian akhir semester harus dikembalikan kepada siswa. Dari hasil belajar yang diperoleh siswa, ada siswa yang kurang menerima hasilnya dan hal itu disampaikan kepada saya, kata kepala sekolah. Melihat hasil seleksi yang ketat di SMAK Anda Luri, ada orang tua siswa yang mau masukkan anaknya di SMAK Anda Luri. Kepala sekolah juga menyingung bahwa banyak anak yang bersekolah di SMAK Anda Luri mempunyai latar belakang pendidikan yang lemah karena kesalahan sistem.

Pada awal tahun ajaran baru dua tahun lalu, siswa baru yang mendaftar sebanyak 280 orang. Setelah melalui tahapan seleksi ke tingkat kelas berikutnya ditambah dengan mereka yang pindah dari SMAK Anda Luri, maka tinggal 140-an orang siswa di kelas XII. Dengan seleksi yang ketat seharusnya ada pengaruhnya bagi anak-anak yang tamat, kata  kepala sekolah. Sebagai solusi untuk mengatasi kelemahan dan kekurangan siswa, kepala sekolah mengajak anggota dewan guru agar memberikan bimbingan kepada anak-anak yang mempunyai kemampuan lebih. Anak-anak yang mempunyai kemampuan lebih tetapi secara ekonomi lemah, diusulkan untuk mendapat bantuan dari orang-orang Eropa. Khusus untuk bidang eksakta akan diadakan MoU dengan Universitas Widya Wacana (Unwina) Sumba Timur tentang penggunaan laboratorium IPA SMAK Anda Luri untuk praktek. Dengan MoU ini,SMAK Anda Luri dapat minta bantuan dosen untuk membimbing siswa dalam mengikuti lomba dalam bidang akademik.

Melihat hasil UN di NTT pada umumnya dan di SMAK Anda Luri khususnya, kepala sekolah memasang target agar dalam hasil UN tahun depan ada siswa Anda Luri yang masuk peringkat 50 besar di NTT. Memasuki agenda evaluasi hasil belajar siswa, masing-masing wali kelas memandu jalannya evaluasi hasil belajar anak walinya. Dari hasil evaluasi belajar siswa kelas X dan XI SMAK Anda luri, sebanyak 15 siswa dinyatakan tidak naik kelas. Kepada para siswa yang belum berhasil naik kelas diberi kesempatan untuk mengulang kembali di SMAK Anda Luri. Bagi siswa yang berhasil naik kelas agar tidak puas dengan hasil yang telah dicapai, supaya lebih meningkatkan prestasi.

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top