HomeBeritaUjian Nasional Tahun 2017 di SMAK Anda Luri

Ujian Nasional Tahun 2017 di SMAK Anda Luri

Ujian Nasional (UN) adalah ujian yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia bagi siswa/i yang telah menduduki kelas terakhir pada tingkat satuan pendidikan. Pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA/SMK kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Bedanya terletak dalam hal waktu pelaksanaan dan jumlah mata pelajaran yang akan diuji, seperti halnya pada SMA/SMK di Propinsi NTT yang melaksanakan UN terlebih dahulu  pada minggu pertama bulan April 2017.

Bagi umat kristiani di NTT, minggu kedua bulan April 2017 merupakan minggu persiapan untuk upacara keagamaan. Untuk itu mendikbud membuat kebijakan untuk memajukan pelaksanaan UN bagi  SMA/SMK di NTT yang dilaksanakan pada tanggal 3-6 April 2017. Di Kabupaten Sumba Timur, Propinsi NTT, ada 13 SMA Swasta dan Negeri yang mengikuti UN 2017. SMAK Anda Luri termasuk di dalamnya. UN yang berlangsung di SMAK Anda Luri adalah Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). Peserta UNKP dari SMAK Anda Luri berjumlah 139 orang yang terbagi dalam 3 program studi dan  8 rombong belajar (rombel). Jumlah peserta UNKP untuk program bahasa 19 orang, program IPA 39 orang dan program IPS 81 orang.

Jumlah mata pelajaran UN yang diuji sebanyak 4 mata pelajaran, termasuk di dalamnya satu mata pelajaran pilihan. Untuk mata pelajaran pilihan, siswa/i dapat memilih salah satu mata pelajaran dari program jurusannya. Mata pelajaran pilihan untuk program IPA adalah Biologi, Kimia atau Fisika. Program IPS pilihannya Sosiologi ,Geografi atau Ekonomi. Sedangkan untuk program Bahasa siswa dapat memilih mata pelajaran Sastra, Bahasa Jerman atau Antropologi.

Siswa/i kelas XII SMAK Anda Luri dari program IPA yang memilih mata pelajaran Biologi ada 13 orang, Kimia 20 orang dan Fisika 6 orang. Dari program Bahasa, mata pelajaran Sastra dipilih oleh 10 orang, Antropologi 2 orang, Bahasa Jerman 7 orang. Untuk program IPS yang memilih Sosiologi 54 orang ,Ekonomi 15 orang dan Geografi 12 orang. Peserta UNKP dari SMAK Anda Luri terdiri atas 8 rombel, yakni  1 rombel untuk program bahasa, 2 rombel untuk program IPA dan program IPS menempati 4 rombel. UN dilaksanakan selama 4 hari yakni dari tanggal 3-6 April 2017. Jadwal UNKP hari pertama 3 April 2017 adalah Bahasa Indonesia. Hari kedua, 4 April 2017 mata pelajaran  Matematika. Hari ketiga, 5 April 2017 adalah Bahasa Inggris. Hari keempat, 6 April 2017 diujikan satu mapel pilihan sesuai jurusan. UNKP dimulai pukul 10.30-12.30.

Kegiatan UNKP di SMAK Anda luri berjalan baik aman dan lancar, tetapi di sekolah lain ditemukan beberapa kasus selama pelaksanaan UN antara lain jumlah option pada lembar jawaban hanya empat sehingga panitia harus menghubungi sekolah terdekat untuk mendapatkan lembaran soal bersama lembar jawaban. Siswa/i kelas XII SMAK Anda Luri peserta UNKP telah dipersiapkan melalui les tambahan khusus untuk mata pelajaran UN. Mudah-mudahan dengan persiapan yang baik para siswa bisa memperoleh hasil UN yang menggembirakan.

 

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top