HomeBeritaUS DAN USBN Siswa kelas XII SMA KATOLIK ANDA LURI Tahun Ajaran 2016/2017

US DAN USBN Siswa kelas XII SMA KATOLIK ANDA LURI Tahun Ajaran 2016/2017

Sebelum mengikuti ujian nasional, setiap siswa yang duduk di kelas terakhir akan menempuh beberapa ujian teori dan praktek. Demikian halnya bagi siswa/i kelas XII SMAK Anda Luri. Memasuki semester genap  tahun ajaran 2016/2017 atau menjelang  pelaksanaan UN para siswa kelas XII SMAK Anda Luri akan mengikuti beberapa ujian teori dan praktek termasuk Ujian Sekolah (US) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Adapun beberapa ujian teori dan praktek yang akan diikuti oleh para siswa antara lain:

1. Ujian ketrampilan untuk mata pelajaran Mulok, Penjaskes, Seni Budaya, Bahasa                          Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi. Khusus untuk mata pelajaran mulok, para siswa melakukan  ujian praktek tata boga yang  dilaksanakan pada tanggal 30 Januari-6 Pebruari 2017.

2. Setelah ujian praktek dilanjutkan dengan les tambahan.

3. Selanjutnya untuk melihat daya serap dari para siswa dalam les tambahan yang diberikan    selama ini para siswa akan mengikuti  try out sekolah pada tanggal 8-11 Pebruari 2017.

4. Dari tingkat propinsi ada try out propinsi tanggal 27-28 Pebruari 2017.

5. Ujian Akhir Semester VI (UAS) tanggal 6-11 Maret 2017.

6. Ujian sekolah (US) tanggal 15-17 Maret 2017.

7. Ujian sekolah berstandar nasional (USBN) tanggal  20-23 Maret 2017.

Jumlah siswa/i kelas XII peserta US dan USBN dari SMAK Anda Luri sebanyak 140 orang. Siswa/i peserta US dan USBN dari SMAK Anda Luri terdiri atas 3 program studi yaitu Program Bahasa, IPA dan IPS. Dari jumlah itu terdapat 56 siswa berjenis kelamin laki-laki dan 84 orang perempuan. Dilihat dari jenis agama yang dianut oleh peserta US dan USBN di SMAK Anda Luri, maka siswa/i yang beragama Katolik 93 orang, Kristen Protestan 46 orang dan Islam 1 orang. Mereka akan menempati 8 ruang ujian.

Kegiatan ujian ini diawasi sendiri oleh sekolah penyelenggara ujian. Khusus untuk USBN, 25% soalnya berasal dari pusat. Seluruh kegiatan US dan USBN di SMAK Anda Luri berjalan dengan baik, lancar dan jujur. Para siswa kelas XII SMAK Anda Luri mengerjakan soal-soal ujian secara mandiri tanpa mendapatkan bantuan kunci jawaban dari bapak dan ibu guru. Penentuan kelulusan seorang siswa kelas XII dilihat dari perolehan nilai siswa pada ujian sekolah dan ujian sekolah berstandar nasional. Dengan demikian sekolah mempunyai kewenangan untuk menentukan kelulusan siswanya. Tentu saja penentuan kelulusan siswa ini menjadi pertaruhan bagi kepala sekolah bersama staf dewan guru. Jika sekolah benar-benar obyektif dalam penentuan kelulusan maka sekolah harus berani mengambil keputusan untuk tidak meluluskan siswanya yang belum memenuhi standar kelulusan, sehingga output sekolah benar-benar berkualitas.

Untuk memetakan hasil kelulusan dari sekolah maka pemerintah tetap menyelenggarakan UN. UN bagi seorang siswa tidak akan menentukan kelulusannya tetapi UN bagi sekolah akan menjadi standar pemetaan kemampuan sekolah dan siswanya secara nasional. Tanggal 3-5 April 2017 para siswa kelas XII akan mengikuti UN. Untuk itu sekolah telah menyiapkan siswanya melalui les tambahan yang telah dilaksanakan dari semester ganjil. Dengan les tambahan ini paling kurang siswa kelas XII SMAK Anda Luri mempunyai bekal yang cukup dalam menghadapi UN. Untuk itu Kepala  Sekolah dan staf dewan guru mengajak para siswa kelas XII SMAK Anda Luri untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk memperoleh nilai UN yang layak. Selamat berjuang bagi siswa/siswi kelas XII SMAK Anda Luri semoga berhasil menyelesaikan pendidikan di SMAK Anda Luri dengan hasil yang memuaskan.

 

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top