HomeBeritaTiara dan Hiero Berprestasi dalam Audisi Duta Wisata Sumba Timur 2016

Tiara dan Hiero Berprestasi dalam Audisi Duta Wisata Sumba Timur 2016

Maria Tiara Kurnia Dewi Rambu Eda dan Hieronimus Rivaldo Lengi Lado adalah siswa kelas XII SMAK Anda Luri pada tahun ajaran 2016/2017. Maria Tiara Kurnia Dewi Rambu Eda biasa disapa Tiara dan Hieronimus Lengi Lado disapa Hiero. Tiara adalah siswi kelas XII-IPA-A dan Hiero siswa kelas XII-Bahasa. Dalam Audisi Duta Wisata Sumba Timur tahun 2016, Tiara dan Hiero masing-masing keluar sebagai juara 1 dan 3. Kegiatan Audisi wisata dalam rangka pemilihan Umbu dan Rambu Kabupaten Sumba Timur berlangsung pada tanggal 15-20 Agustus 2016 di Taman Hiburan Rakyat (THR) Swembach, Matawai.

Selain pemilihan Umbu dan Rambu, kegiatan tersebut juga diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-71. Audisi Duta Wisata di tingkat Kabupaten Sumba Timur diikuti oleh mayarakat umum, siswa/i, termasuk dari kalangan berprofesi sebagai pegawai atau guru. Ketentuan umur bagi peserta audisi adalah 16-25 tahun. Sebelum peserta mengikuti audisi, mereka wajib mengikuti pembekalan dari para nara sumber dari Adwindo mengenai make up, pemasaran pariwisata, table manner (tata krama di meja makan), dan fashion. Penilaian bagi peserta audisi bersifat penilaian perorangan bukan penilaian secara pasangan atau kelompok, sehingga hasil penilaian yang diperoleh kedua siswa dari SMAK Anda Luri tidak sama.

Beberapa kriteria penilaian bagi peserta audisi tersebut adalah brain (pengetahuan), sikap dan beauty. Brain (pengetahuan) berkaitan dengan pengetahuan peserta audisi tentang budaya dan objek-objek wisata di Kabupaten SumbaTimur. Beauty berkaitan dengan kecantikan luar-dalam dari masing-masing peserta audisi. Setelah  melalui tahapan seleksi, peserta audisi yang lolos ke babak semi final sebanyak 29 orang. Hasil seleksi pada babak semifinal sebanyak 16 orang yang masuk ke babak final. Dari 16 orang yang masuk final terdapat 8 putra dan 8 putri termasuk Tiara dan Hiero. Pada babak final, Tiara unggul dari kontestan lain dari kelompok putri. Dengan demikian Tiara keluar sebagai juara 1 dengan predikat Putri Terbaik dan dinobatkan sebagai Rambu Sumba Timur tahun 2016. Sedangkan Hiero harus puas pada urutan ke-3 dalam perlombaan tersebut.

Umbu Bintang yang adalah mahasiswa Undana Kupang keluar sebagai juara 1 dan ia dinobatkan sebagai Umbu Sumba Timur dari kelompok putera. Dengan keberhasilan Tiara dan Umbu Bintang dalam audisi tingkat Kabupaten Sumba Timur ini, maka keduanya  akan mengikuti kontes Duta Wisata di tingkat Propinsi NTT. Audisi Duta Wisata tingkat propinsi NTT berlangsung di Kupang tanggal 6-9 September 2016 yang diikuti oleh peserta dari 12 Kabupaten. Karena ketatnya persaingan di tingkat Propinsi NTT, maka Tiara harus puas sebagai juara harapan I(juara IV). Sedangkan Umbu Bintang menduduki tempat ke-3. Pada tahun 2015 dalam kontes yang sama di tingkat Propinsi NTT, dua kakak kelas Tiara dari SMAK Anda Luri yakni Guntur dan Ing keluar sebagai juara II Duta Wisata tingkat Propinsi NTT. Atas keberhasilan Tiara dalam kontes Duta Wisata di tingkat propinsi NTT sebagai juara harapan I, ia mendapat hadiah berupa Piala, Piagam dan uang tunai Rp 1.700.000. Untuk itu keluarga besar SMAK Anda Luri mengucapkan proficiat bagi Tiara dan Hiero yang telah berprestasi dalam ajang tersebut.

 

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top