HomeBeritaValentina Narolita K. Muni, Juara II Lomba Lari 100 meter O2SN Pelajar SMA Tingkat Propinsi NTT

Valentina Narolita K. Muni, Juara II Lomba Lari 100 meter O2SN Pelajar SMA Tingkat Propinsi NTT

Valentina Narolita K. Muni, siswi SMAK Anda Luri mengukir prestasi di Propinsi NTT pada cabang atletik lomba lari 100 meter O2SN untuk kategori putri tingkat pelajar SMA. Dalam babak final lomba lari tersebut, Valentina meraih juara II dengan catatan waktu 11,3 detik. Sementara lawannya dari Kabupaten Flores Timur lebih unggul sedikit dengan selisih waktu 0,2 detik dan meraih juara I dengan catatan waktu 11,1 detik. Peserta dari Kabupaten Sikka menempati urutan ke-3.

Atas prestasi yang dicapainya, Valentina mendapatkan penghargaan berupa piala dan uang tunai sebesar Rp 730.000. Perlombaan yang berlangsung di Kota Kupang, Ibu kota Propinsi NTT, diikuti oleh seluruh peserta dari semua kabupaten di Propinsi NTT. Valentina melangkah ke tingkat Propinsi setelah melewati babak seleksi di Kabupaten Sumba Timur dalam lomba lari 100 meter O2SN untuk kategori putri pelajar SMA. Lomba tersebut dilaksanakan pada bulan Mei 2016. Pada babak penyisihan lomba lari 100 meter  O2SN di Sumba Timur, Valentina mencapai garis finis dengan catatan waktu 12,4 detik. Dengan hasil itu, ia melangkah ke babak final. Di babak final, Valentina keluar sebagai juara I dengan catatan waktu 11.10 detik. Dari hasil yang dicapainya pada babak final maka Valentina mewakili Kabupaten Sumba Timur untuk  bertanding ke tingkat Propinsi NTT.

Keikutsertaannya dalam lomba lari di SMA bukan secara kebetulan. Bakat dan minatnya pada cabang atletik khususnya cabang olahraga lari sudah muncul ketika Valentina duduk di bangku SD. Di SD ia terpilih untuk mengikuti lomba lari tetapi ia tidak mendapat juara. Sewaktu duduk di bangku SMP, ketika ada  lomba lari, Valentina tidak terpilih untuk mengikuti lomba tersebut. Sedangkan di SMA, ia sempat mengikuti  lomba lari maraton 10 K. Hasil yang dicapainya dalam lomba lari maraton tersebut  tidak menggembirakan karena  ia berada pada deretan peserta yang tidak berhasil mencetak waktu terbaik. Tetapi Valentina tidak putus asa. Keinginannya untuk mengikuti lomba lari selalu muncul dalam dirinya. Hal ini dibuktikannya dengan berlatih terus setiap hari. Kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya muncul ketika ada lomba O2SN di Kabupaten Sumba Timur pada bulan Mei 2016. Cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain lomba lari 100 meter untuk kategori putri tingkat pelajar SMA. Valentina mewakili SMAK Anda Luri dalam lomba tersebut. Pada perlombaan tersebut ia keluar sebagai juara 1. Hasil lomba O2SN yang dicapainya di kabupaten Sumba Timur mengantarkannya untuk bertanding ke tingkat Propinsi NTT.

Valentina adalah siswa kelas XI Bahasa di SMA Katolik Anda Luri pada tahun ajaran 2016/2017. Ia merupakan anak ke-3 dari 4 bersaudara dari pasangan ayah Katuhi Rimu dan Ibu Katrina Padji Jera. Ia lahir pada tanggal 17 Pebruari 2000 di Kabuling, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Propinsi NTT. Valentina dan saudara-saudaranya dibesarkan oleh ayah yang berprofesi sebagai nelayan dan ibu sebagai petani. Mengenai biaya sekolah di SMA, Valentina dibiayai oleh Yayasan Uma Munung. Yayasan Uma Munung adalah sebuah yayasan sosial yang membantu anak-anak yang kurang mampu dari segi biaya pendidikan. Yayasan tersebut dikelola oleh Mr. Douglas Hollis (berkebangsaan Australia). Anak-anak yang dibiayai oleh yayasan tersebut  tinggal di asrama dengan berbagai macam fasilitas disediakan oleh yayasan.

Valentina bersama teman-temannya menggunakan kesempatan ini dengan bertekun dalam belajar. Di sela-sela kegiatannya sebagai pelajar, Valentina selalu menyisihkan waktu untuk melakukan latihan lari di seputar kompleks asrama pada sore hari. Hasil dari ketekunanannya tersebut mengantarnya untuk mencetak prestasi di tingkat Kabupaten dan Propinsi. Peluang bagi Valentina masih terbuka untuk kembali mengikuti lomba lari di tingkat Propinsi pada tahun 2017, karena usianya masih memungkinkan untuk sekali lagi pada tahun yang akan datang mengikuti perlombaan baik di tingkat Kabupaten maupun di tingkat Propinsi. Sementara lawannya yang meraih juara 1 di tingkat Propinsi NTT tidak berpeluang untuk kembali bertanding pada tahun 2017 karena faktor usia. Valentina yang bercita-cita menjadi Polwan setelah tamat dari SMA bertekad untuk meraih juara 1 lomba lari 100 meter di tingkat Propinsi pada tahun 2017. Untuk itu keluarga besar SMA Katolik Anda Luri mengucapakan proficiat dan selamat berjuang untuk meraih cita-cita.

 

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top