HomeBeritaPengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII SMAK Anda Luri 2016: Sudah Dapat Apa Saja Selama 3 Tahun?

Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII SMAK Anda Luri 2016: Sudah Dapat Apa Saja Selama 3 Tahun?

Pengumuman kelulusan bagi siswa kelas XII SMA/SMK dilaksanakan serentak secara nasional di Indonesia pada tanggal 7 Mei 2016. Peserta US dan UN dari SMAK Anda Luri yang berjumlah 164 orang, semuanya dinyatakan lulus atau lulus 100%. Penentuan kelulusan bagi siswa/i kelas XII SMAK Anda Luri diputuskan melalui rapat dewan guru dan pegawai SMAK Anda Luri pada tanggal 4 Mei 2016. Berdasarkan nilai sekolah yang diperoleh siswa dan memperhatikan  syarat kelulusan maka siswa kelas XII SMAK Anda luri dinyatakan lulus 100%.

Pengumuman kelulusan siswa kelas XII SMAK Anda Luri dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2016 di Aula SMAK Anda Luri. Hadir dalam acara tersebut adalah siswa/i kelas XII, guru dan pegawai SMAK Anda Luri bersama orang tua/wali murid. Dalam acara pembagian hasil kelulusan siswa kelas XII SMAK Anda Luri, salah seorang perwakilan orang tua murid menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya, perwakilan orang tua murid tersebut mengatakan, “Kita yang secara langsung dekat dengan pendidikan mempunyai tujuan yang sama.” Tujuannya adalah untuk menghasilkan output yang berkualitas. Guru memberikan ilmu kepada anak didik supaya anak didik mempunyai cukup ilmu pengetahuan. Anak didik tidak hanya kaya ilmu pengetahuan tetapi harus diikuti pula dengan sikap dan perilaku yang baik atau beretika. Perwakilan orang tua murid tersebut mengajak orang tua murid, guru dan siswa untuk bersinergi agar mencapai tujuan yang sama yakni out put yang berkualitas. Selanjutnya perwakilan orang tua murid mengatakan bahwa apapun hasil yang dicapai oleh anak-anak kita (siswa/i kelas XII) dalam pengumuman kelulusan, itu merupakan hasil kita bersama dan sebagai bahan evaluasi kita semua. Di akhir sambutannya, perwakilan orang tua murid menyampaikan ucapan terima kasih kepada para guru yang telah mendidik anak-anak kelas XII selama menimba ilmu di SMAK Anda Luri dan permohonan maaf atas sikap dan perilaku anak-anak yang tidak berkenan selama mereka belajar di Lembaga Pendidikan SMAK Anda Luri.

Setelah perwakilan orang tua murid menyampaikan sambutannya, tiba giliran P. Dominikus Rihi Mone, CSsR sebagai Kepala SMAK Anda Luri menyampaikan sambutannya. Mengawali sambutan, Pater Kus, demikian sapaan dari P. Dominikus Rihi Mone, CSsR, mengatakan demikian: "Akhir-akhir ini dalam pembicaraan-pembicaraan saya dengan para siswa/i kelas XII, saya bertanya, apa sajakah yang sudah kalian dapatkan selama 3 tahun belajar di SMAK Anda Luri?" Jawaban siswa atas pertanyaan tersebut dirangkumnya dalam nada yang sama yakni: kebanyakan siswa mengatakan merasa masih sedikit yang didapatkan. Dari pengalamannya selama menjadi guru di SMAK Anda Luri sejak tahun 2013 dan menjadi kepala sekolah pada Januari 2014, Pater Kus mengatakan, ”Anak-anak yang masuk di SMAK Anda Luri memiliki dasar yang rapuh. Mereka datang dari berbagai sekolah swasta maupun negeri. Hal ini terjadi karena praktek pendidikan di Sumba lebih banyak bermain sandiwara. Anak-anak akan maju kalau dibuat sistem penilaian yang serius dan sistem itu dapat menunjukkan kemampunan siswa yang sebenarnya. Lalu muncul pertanyaan dari Pater Kus, ”Mana yang lebih mudah untuk meluluskan siswa, apakah dari pusat (Jakarta) atau sekolah yang menentukan? Menurut Pater Kus, kalau kelulusan ditentukan dari Jakarta, maka akan terjadi banyak  kecurangan dalam pelaksanaan ujian, demikian pula sebaliknya.

Dalam pembagian hasil kelulusan siswa kelas XII SMAK Anda Luri disampaikan juga posisi SMAK Anda Luri dengan SMA lainnya di Sumba Timur dan pembacaan nama siswa/i kelas XII SMAK Anda Luri yang menduduki peringkat 10 besar dalam perolehan nilai UN. Setelah pengumuman tersebut para siswa bersama orang tua/wali murid kembali kerumahnya masing-masing tanpa aksi coret-coret baju.

 

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top