HomeBeritaSiapakah Aku?

Siapakah Aku?

Siapakah Aku? Adalah tema rekoleksi bagi siswa/i kelas XII SMAK Anda Luri angkatan 2015/2016. Kegiatan rekoleksi ini berlangsung di Puspas Katikuloku, Anakalang, Sumba Tengah, NTT. Untuk memahami dan mendalami tema rekoleksi “Siapakah Aku”?, kepada peserta rekoleksi  diberikan materi pendukung tema tersebut. Inti dari materi pendukung adalah tentang pengenalan diri, membangun relasi dengan sesama, orang tua, guru dan teman, merubah diri agar menjadi manusia baru.

Materi rekoleksi dibawakan oleh tim rekoleksi dari Puspas  yang terdiri atas 5 lima orang pemateri dengan koordinator tim adalah P. Simon Tenda, CSsR. Kelima orang pemateri terdiri dari 2 orang pastor, 2 orang suster dan 1 Frater. Kegiatan rekoleksi berlangsung selama 3 hari yakni tanggal 9-11 Maret 2016. Pada hari pertama, Rabu 9 Maret 2016, beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain misa pembukaan yang dilaksanakan sebelum makan siang bersama dan misa sore hari pukul 18.00. Setelah misa acara dilanjutkan dengan kegiatan yang berkaitan dengan persiapan rekoleksi. Selain pemberian materi rekoleksi, ada wawancara pribadi bagi peserta rekoleksi. Wawancara pribadi dimaksudkan untuk mengenal dan memahami pribadi setiap peserta rekoleksi. Agar rekoleksi dapat berjalan dengan baik, ada penandatanganan Janji 4 K oleh peserta rekoleksi. Janji  4K yakni Keheningan, Kebersamaan, Keterbukaan dan Kerjasama.

Pada hari kedua, Kamis,10 Maret 2016 diadakan misa pagi pukul 6.00 dan misa sore pukul 18.00. Setelah misa kegiatan dilanjutkan dengan materi tentang ‘Aku dan Orang Lain”. Kegiatan pada hari kedua sangat berkesan bagi peserta rekoleksi. Pada bagian ini 4 orang guru pendamping berperan sebagai ayah, ibu, guru dan teman. Di hadapan ayah, ibu guru dan teman, masing-masing peserta rekoleksi  mendapat kesempatan untuk mengekspresikan  segala sesuatu  yang berkaitan dengan pengalaman hidupnya bersama keempat figur itu. Pada hari ketiga, Jumat, 11 April 2015, pukul 06.00 ada Jalan Salib di seputar kompleks gereja dan dilanjutkan dengan materi tentang “Aku dan Masa depan”. Kegiatan rekoleksi  yang berlangsung selama 3 hari ini ditutup pada hari Jumat, 11 Maret 2016 dengan misa dan makan siang bersama.

Setelah itu peserta rekoleksi bersiap-siap untuk kembali ke Waingapu. Rekoleksi bagi siswa kelas XII angkatan 2015/2016 agak spesial dan istimewa karena mengambil tempat rekoleksi yang berbeda dari angkatan sebelumnya. Bagi angkatan sebelumnya, rekoleksi biasanya dilaksanakan di Asrama Padadita. Kegiatan ini dilaksanakan di Puspas karena sudah melalui rapat dewan guru pada akhir semester genap tahun ajaran 2013/2014. Siswa/i kelas XII sangat mendukung kegiatan ini. Hal ini ditunjukkan dengan adanya sumbangan dana dari para siswa sebesar Rp300.000 persiswa. Siswa/i kelas XII SMAK Anda Luri yang mengikuti kegiatan rekoleksi berjumlah 164 orang. Peserta rekoleksi  menggunakan 6 Bus Damri dan didampingi oleh 4 orang guru dari SMAK Anda Luri. Sebelum bertolak ke tempat rekoleksi, rombongan dilepas oleh Kepala SMAK Anda Luri melalui upacara pelepasan di halaman depan SMAK Anda Luri pada hari Rabu, 9 April 2016, pukul 09.00 Wita. Seluruh kegiatan rekoleksi dibiayai dari dana BOS dan sumbangan dana dari siswa/i kelas XII.

Peserta rekoleksi mempunyai kesan, bahwa kegiatan ini sangat bagus dan mereka mengharapkan agar adik-adik kelas nanti dapat melaksanakan kegiatan  yang sama di Puspas Katikuloku. Kesan berikutnya dari  peserta rekoleksi yakni masih banyak peserta rekoleksi yang belum mematuhi janji 4K karena tidak tertib pada jam istirahat. Setelah mengikuti kegiatan rekoleksi di Puspas, para siswa kelas XII SMAK Anda Luri akan menyelesaikan dua tugasnya yang terakhir yakni Ujian Akhir Semester VI (UAS genap) tanggal 14-19 Maret 2016 dan Ujian Nasional (UN) tanggal 4-6 April 2016. Selamat belajar bagi siswa kelas XII semoga sukses di UAS dan UN 2016.

 

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top