HomeBeritaMau ke Mana Setelah Tamat dari SMAK Anda Luri?

Mau ke Mana Setelah Tamat dari SMAK Anda Luri?

Sebentar lagi siswa/i kelas XII SMAK Anda Luri akan menyelesaikan pendidikannya di SMAK Anda Luri. Tiga tahun lamanya mereka menimba ilmu di lembaga pendidikan ini. Menuntut ilmu selama tiga tahun bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Mereka berjuang untuk memiliki sejumlah ilmu pengetahuan (kognitif), ketrampilan (psikomotor) dan pembentukan sikap (afektif). Setelah menamatkan pendidikan di SMAK Anda Luri, di antara mereka ada yang bercita-cita melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, baik itu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Banyak tawaran bagi siswa kelas XII untuk masuk PTS. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya brosur yang dikirim ke SMAK Anda Luri sebagai bentuk promosi dari PTS yang akan menerima calon mahasiswa baru. Tentu saja para siswa tidak asal memilih PTS karena harus melalui pertimbangan yang matang antara lain tingkat akreditasi PTS tersebut dan kemampuan orang tua yang akan membiayai kuliah. PTS yang dipilih hendaknya minimal berakreditasi B. Kuliah di PTS di luar Pulau Sumba membutuhkan biaya yang besar. Apalagi kalau PTS itu termasuk PTS favorit. Suatu PTS dikatakan favoriit apabila jumlah calon mahasiswa yang mendaftar pada PTS tersebut cukup banyak dari tahun ke tahun walaupun biaya kuliahnya mahal.

Akan lain halnya dengan PTN yang menjadi pilihan utama calon mahasiswa baru karena biaya kuliahnya murah. Beberapa PTS di Yogyakarta yang menjadi pilihan calon mahasiswa baru antara lain Universitas Sanata Dharma (USD), Unika Atma Jaya (UAJY), Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), dan lain-lain. Kedua universitas Katolik di Yogyakarta yakni USD dan UAJY telah lama menjalin kerjasama dengan SMAK Anda Luri untuk menjaring calon mahasiswa baru. Penjaringan calon mahasiswa baru oleh kedua PTS tersebut dilakukan melalui jalur prestasi ranking maupun jalur rapor. Selain mendaftar ke PTS, siswa/i kelas XII juga mendaftar ke PTN melalui jalur SNMPTN. Dari 50 orang siswa kelas XII yang diproses di PDSS, sebanyak 30 siswa telah mendaftar ke PTN melalui jalur SNMPTN. Mereka mendaftar ke beberapa PTN di Indonesia. PTN yang dituju antara lain Undana Kupang, Udayana Bali, UGM dan UNY Yogyakarta, Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang, Undip Semarang. Ke-30 siswa kelas XII SMAK Anda Luri yang mendaftar ke PTN telah mencetak kartu peserta SNMPTN sebagai bukti bahwa mereka telah mendaftar ke PTN, dan apabila diterima di PTN maka kartu peserta SNMPTN menjadi salah satu berkas yang dilampirkan pada saat melakukan registrasi.

Ada tawaran dari pemerintah bagi siswa/i dari keluarga yang berekonomi lemah untuk melanjutkan kuliah melalui program Bidikmisi. Dari 30 orang siswa/i kelas XII SMAK Anda Luri yang mengikuti SNMPTN, sebanyak 8 siswa direkomendasikan oleh sekolah untuk mengikuti program Bidikmisi. Namun kesempatan untuk mengikuti program Bidikmisi tidak dimaanfaatkan dengan baik oleh beberapa siswa. Dari jumlah 8 orang yang mengikuti program Bidikmisi, hanya 5 orang siswa yang melengkapi data secara online sampai pada tahap pencetakan kartu peserta Bidikmisi. Hasil SNMPTN akan diumumkan pada tanggal 10 Mei 2016. Tidak semua siswa kelas XII SMAK Anda Luri mau melanjutkan studi ke PT bahkan ada yang belum merencanakan untuk kuliah. Beberapa siswa yang tidak merencanakan untuk kuliah, kini sedang mengikuti seleksi sebagai calon polisi. Berikut ini beberapa siswa kelas XII SMAK Anda Luri angkatan 2015/2016 yang telah lolos seleksi di Unika Atma Jaya Yogyakarta melalui jalur prestasi. Keempat siswa tersebut adalah

1. Petrus Aderio Mete (XII-IPA/Teknik Informatika).

2.Robertus Hadisukrisna Settu (XII-IPA/Teknik Informatika).

3. Laurens Oktavian Uma Kalada (XII-IPS/Akuntansi).

4. Yuliana Tomico Poety (XII-IPS/Akuntansi).

Selamat dan proficiat bagi ke-4 siswa yang telah diterima di Universitas Katolik Atmajaya Yogyakarta.

 

 

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top