HomeBeritaUS SMAK Anda Luri 2016: Ujian Nasional Saja Bisa Bocor, Apalagi Ujian Sekolah

US SMAK Anda Luri 2016: Ujian Nasional Saja Bisa Bocor, Apalagi Ujian Sekolah

Demikian pernyataan kepala SMAK Anda Luri dalam arahan singkatnya kepada para guru SMAK Anda Luri yang akan melaksanakan tugas mengawas Ujian Sekolah (US) tahun ini. Pernyataan itu tentunya dimaksudkan untuk mengingatkan para guru, agar siswa/i kelas XII SMAK Anda Luri dapat mengerjakan soal-soal ujian sekolah secara jujur dan bertanggung jawab. Sebab hanya dengan kejujuranlah, para siswa akan selalu termotivasi untuk belajar dengan tekun.

Ujian Sekolah bagi siswa kelas XII tingkat SMA di Sumba Timur berlangsung selama 6 hari yakni dari tanggal 22-27 Pebruari 2016. Jumlah peserta ujian sekolah dari SMAK Anda luri sebanyak 164 orang. Mereka akan menjadi peserta tetap Ujian Nasional 2016. Peserta US di SMAK Anda Luri terdiri atas 3 program studi yang dibagi dalam 10 ruangan ujian. Pembagian ruang ujian tersebut berdasarkan petunjuk POS UN 2016, yakni jumlah peserta UN maksimal 20 orang dalam satu ruang ujian. Untuk itu pembagiannya diatur sebagai berikut: Program Bahasa, 22 siswa terdiri atas 2 ruangan ujian, Program IPA 31 siswa terbagi dalam 2 ruang dan program IPS 111 siswa terdiri atas 6 ruang ujian.

Soal-soal ujian sekolah berasal dari Panitia K3S. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, tim penyusun soal adalah guru-guru mata pelajaran dari sekolah penyelenggara Ujian Sekolah. Dari SMAK Anda Luri, dua orang guru mata pelajaran UN masuk dalam tim penyusun soal dan pemeriksa LJUN. Kedua orang guru tersebut adalah adalah Novia Kalaway, S.Pd, yang akan menyusun soal Matematika untuk Program Bahasa dan Melkianus U. Dady, S.Pd untuk mata pelajaran Geografi bagi Program Studi IPS. Penggandaan dan pengepakan soal-soal US dilakukan di dua tempat. Khusus untuk mata pelajaran Ujian Nasional, penggandaan dan pengepakan soal dilaksanakan di sekretariat K3S. Sedangkan soal-soal yang bukan mata pelajaran UN digandakandi sekolah masing-masing.

Dalam mengerjakan soal-soal mata pelajaran UN, siswa/i kelas XII SMAK Anda Luri menggunakan dua lembar jawaban yakni satu LJUN dan satu lagi lembar jawaban untuk guru mata pelajaran UN. Lembar jawaban kedua dimaksudkan agar guru mata pelajaran UN dapat mengukur kemampuan siswanya dalam mengerjakan soal-soal UN. Pemeriksaan lembar jawaban US dilakukan oleh dua tim pemeriksa. Tim pemeriksa pertama adalah Panitia K3S yang khusus memeriksa LJUN. SedangkanTim kedua adalah Panitia Pemeriksa di sekolah masing-masing untuk mata pelajaran yang bukan mata pelajaran UN.

Siswa/i kelas XII SMAK Anda Luri telah mengikuti Ujian Sekolah. Sekarang tinggal menunggu hasilnya apakah lulus atau tidak, karena kelulusan seorang siswa ditentukan oleh masing-masing Satuan Pendidikan. Dengan berakhirnya US tidak berarti bahwa siswa kelas XII SMAK Anda Luri telah menyelesaikan seluruh proses belajar di SMAK Anda Luri. Mereka harus mempersiapkan diri untuk mengikuti Ujian Nasional pada tanggal 4-6 April 2016, walaupun hasil UN tidak menentukan kelulusannya.

 

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top