HomeBeritaNatal Bersama dan Pembukaan Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016

Natal Bersama dan Pembukaan Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016

Acara natal bersama keluaga besar SMAK Anda Luri dan pembukaan semester genap tahun ajaran tahun 2015/2016 ditandai dengan perayaan misa bersama yang berlangsung di Gereja Katolik Sang Penebus Wara, Waingapu, pada hari Jumat, 8 Januari 2016. Misa tersebut dipimpin oleh P. Roby Bayo, CSsR. Bacaan dalam perayaan misa diambil dari Surat Rasul Yohanes tentang Kesaksian Anak Allah dan Injil Lukas.

Mengawali khotbahnya P. Roby memberi ilustrasi kumpulan napi yang tinggal dalam sebuah perkemahan di Amerika Serikat. Dalam kehidupan sehari-hari para napi tersebut selalu membuat keributan sehingga kemah mereka dinamakan kemah yang ribut (Roaring Camp). Suatu ketika para napi tersebut tiba-tiba merubah kehidupan mereka. Perubahan itu terjadi karena pada suatu hari, di malam hari mereka mendengar suara tangisan dari seorang bayi. Mereka mendekati suara tangisan bayi itu lalu menemukan bayi  bersama ibunya yang baru melahirkannya. Ternyata ibu yang baru melahirkan bayinya telah meninggal dunia. Bayi yang  malang itu lalu diambil dan dirawat oleh para napi. Agar bayi itu tidak terganggu tidurnya, mereka lalu bersepakat untuk tidak membuat keributan lagi. Setiap orang yang  akan menemui bayi itu harus mandi terlebih dahulu agar tubuhnya bersih dari kotoran. Dari pengalaman inilah para napi lalu berubah hidupnya. Dalam kaitannya dengan perayaan natal bersama, Pater Roby memberi arti natal itu adalah sebuah perayaan kelahiran. Kelahiran dalam cara hidup yang baru.

Kalau disimak hasil ujian semester yang baru lalu, terdapat siswa yang memiliki banyak nilai yang tidak tuntas, bahkan tidak tuntas melebihi jumlah mata pelajaran. Menurut Pater Roby, tidak penting melihat nilai-nilai itu tetapi kita melihat secara mendalam mengapa demikian. Belajar membutuhkan perjuangan dan kerja keras. Dengan belajar kita membutuhkan kelahiran baru dan penyembuhan. Penyembuhan konsep dan mentalitas kata Pater Roby yang juga adalah staf pengajar SMAK Anda luri. Belajar adalah proses kelahiran. Proses kelahiran dan kesembuhan memang menyakitkan.

Mengakhiri khotbahnya Pater Roby mengajak keluarga besar SMAK Anda Luri agar memasuki semester genap ini dengan penuh harapan dan semangat baru untuk membuat sesuatu yang baru. Nilai-nilai yang jelek dapat sebagai obat yang menyembuhkan. Perayaan misa dimeriahkan oleh paduan suara SMAK Anda Luri. Selain paduan suara, misa juga dimeriahkan oleh permainan musik instrumen biola oleh Pater Kus (Kepala SMAK Anda Luri) dan beberapa siswa/i SMAK Anda Luri menjalang akhir perayaan tersebut. Intrumen biola mengumandangkan beberapa kidung natal yakni, seperti O Holy Night, Joy To The World dan Jingle Bells. Setelah perayaan misa, kegiatan dilanjutkan dengan acara natal bersama para guru dan siswa/i di kelas masing-masing. Para guru merayakan natal dengan makan siang bersama di ruang guru. Untuk itu keluarga besar SMAK Anda Luri mengucapkan Salam Damai Natal 25 Desember 2015 dan Bahagia Tahun Baru 1 Januari 2016.

 

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top