HomeBeritaKunjungan Guru dan Sebelas Siswa dari COJOBO Jerman di Sekolah-Sekolah Yapnusda Sumba Timur

Kunjungan Guru dan Sebelas Siswa dari COJOBO Jerman di Sekolah-Sekolah Yapnusda Sumba Timur

Pada bulan Juni 2015, beberapa sekolah Yapnusda Sumba Timur mendapat kunjungan istimewa dari siswa/i dan guru dari Colegium Josephinum Bonn (COJOBO), sebuah sekolah menengah milik Redemptoris di Jerman. Mereka yang datang berkunjung terdiri atas 1 orang guru, 2 orang alumni COJOBO dan 11 orang siswa. Sekolah-sekolah Yapnusda yang dikunjungi adalah TKK Anda Luri, SDK Anda Luri, SDK Praikundu, SMPK Anda Luri dan SMAK Anda Luri.

Kehadiran mereka di sekolah-sekolah tersebut bertujuan untuk melihat hasil bantuan yang telah mereka berikan selama ini. Timbul pertanyaan “Mengapa siswa/i dari COJOBO memberikan bantuan khusus kepada sekolah-sekolah Yapnusda?” Jawabannya adalah karena Yapnusda adalah yayasan yang dikelola oleh Kongregasi Redemptoris Propinsi Indonesia. Yayasan ini bergerak di bidang pendidikan yang menangani sekolah-sekolah katolik dari tingkat TKK sampai tingkat SMA di Sumba Timur. Adapun COJOBO adalah sekolah katolik milik Kongregasi Redemptoris di Kota Bonn, Jerman. Dengan alasan itulah maka siswa/i di COJOBO memberikan bantuan kepada sekolah-sekolah Yapnusda di Sumba Timur.

Bantuan yang diberikan oleh siswa/i dari COJOBO dipergunakan untuk membenahi fisik sekolah. Kehadiran para tamu dari Jerman yang nota bene sebagai donatur bagi sekolah-sekolah Yapnusda Sumba Timur disambut dengan tarian di beberapa sekolah dan pemberian cinderamata berupa kain atau selendang Sumba Timur. Mereka sangat terkesan dengan penyambutan dan perhatian yang diberikan kepada mereka ketika berkunjung ke sekolah-sekolah Yapnusda. Para tamu dari Jerman ini berkunjung di Sumba selama 2 minggu yakni 1 minggu di Sumba Timur dan 1 minggu di Sumba Barat. Banyak hal yang mereka alami selama di Sumba, seperti keramahtamahan, kehidupan sosial, budaya Sumba dan alamnya.

Mereka sangat tersentuh dengan cara orang Sumba yang menerima mereka dengan senang hati. Selain itu juga mereka sangat terkesan dengan alam dan budaya orang Sumba. Hal itu tidak ditemukan di negara asal mereka, sehingga mereka mengatakan telah menemukan surga di Pulau Sumba. Ketika berkunjung ke sekolah-sekolah Yapnusda, mereka disambut dengan gembira walaupun dengan acara yang sederhana. Mereka sangat senang mendapatkan penyambutan seperti itu. Kehadiran mereka di Pulau Sumba mempunyai nilai tambah bagi Pulau Sumba khususnya maupun Indonesia pada umumnya. Lewat kehadiran dan pengalaman selama di Sumba, mereka telah membantu kita untuk mempromosikan Pulau Sumba ke manca negara, sehingga menambah jumlah wisatawan yang datang berkunjung. COJOBO (Collegium Josephinum Bonn) artinya SMA St.Yosep Bonn. COJOBO dan SMAK Anda Luri adalah satu dalam tujuan yakni membangun sumber daya manusia. Kami keluarga besar SMAK Anda Luri mengucapkan terima kasih banyak kepada para guru, siswa/i dan orang tua murid dari COJOBO atas sumbangan dan perhatiannya terhadap lembaga SMAK Anda Luri khususnya maupun sekolah-sekolah Yapnusda pada umumnya.

 

 

 

 

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top