HomeBeritaSetahun Lebih Renovasi di SMAK Anda Luri

Setahun Lebih Renovasi di SMAK Anda Luri

Setelah  dilantik menjadi kepala SMAK Anda Luri pada tanggal 10 Januari 2014, enam bulan kemudian, Pater Dominikus Rihi Mone, CSsR langsung melakukan gerakan perubahan  fisik sekolah. Pembenahan fisik sekolah dimulai pada saat  liburan akhir semester genap tahun ajaran 2013/2014 (bulan Juni-Juli 2014). Renovasi yang baru setahun berjalan sudah menampakkan perubahan luar biasa di wajah SMAK Anda Luri. Dengan adanya perubahan wajah sekolah maka SMAK Anda Luri semakin  indah dan nyaman bagi para penghuninya. Keindahan dan kenyamanan sekolah membuat warga sekolah dapat melaksanakan proses belajar mengajar dengan baik dan lancar.

Apa saja yang telah dilakukan oleh kepala sekolah?
Tentu saja ini bukan sebuah promosi belaka tetapi sebuah karya nyata yang telah dilakukan oleh Pater Kus, demikian sapaan sehari-hari dari P. Dominikus Rihi Mone ,CSsR. Sejak ia menjabat sebagai kepala SMA Katolik Anda Luri, banyak hal yang telah dilakukannya berkaitan dengan pembenahan fisik sekolah. Diawali dengan pembuatan jalan yang menghubungkan setiap ruang kelas dari unit depan ke unit belakang gedung sekolah, sehingga aktivitas guru dan siswa dapat berjalan dengan lancar. Bahkan pada saat musim hujan aktivitas itu berjalan seperti biasa. Akibat dari pembuatan jalan yang menghubungkan unit depan ke unit belakang, maka taman-taman  yang berada di halaman depan unit tengah  tertata dengan baik dan rapi. Taman-taman tersebut ditanami  dengan berbagai macam tanaman  bunga dan tanaman hias lainnya, sehingga semakin menambah suasana asri di seputar kompleks sekolah.

Selain pembuatan jalan, perubahan fisik sekolah selama satu setengah tahun adalah adanya tempat duduk di samping ruang kelas ,beberapa washtafel terpasang di depan kelas, penambahan atap di samping aula dan depan aula sekolah. WC umum yang  berlantai semen telah dipasang keramik. Pada saat musim hujan, air hujan selalu memenuhi halaman sekolah. Untuk menyalurkan air hujan dari halaman depan sekolah ke belakang pada saat musim hujan maka telah dibuat selokan air di sepanjang teras depan sekolah dan di antara unit depan dan tengah. Agar para siswa dan guru dapat memperhatikan kerapiannya, maka dipasang dua cermin besar di aula sekolah. Juga terpasang beberapa cermin  di WC siswa dan guru. Ruangan di samping ruang guru telah direhab sebagai  tempat khusus bagi para wakasek dan pegawai tata usaha. Pada awal  tahun ajaran 2015/2016 tembok aula dan kelas diperindah pada bagian luar untuk menyambut kehadiran para siswa baru.

Selain itu beberapa pintu gerbang besi telah terpasang di seputar kompleks sekolah. Beberapa pintu gerbang yang terpasang yakni di aula sekolah, di gang masuk kompleks SMPK dan SMAK Anda Luri, di  antara pastoran wara dan gedung sekolah, di antara unit tengah dan belakang sekolah, dan pintu gerbang menuju lokasi kuburan. Untuk membatasi aktivitas siswa keluar kompleks sekolah pada jam sekolah, terutama keinginan para siswa  untuk berbelanja di luar kompleks sekolah maka sekolah telah menyediakan koperasi sekolah. Koperasi sekolah dilengkapi dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan kebutuhan para siswa di sekolah seperti alat tulis menulis, pakaian seragam kotak-kotak, pakaian olahraga dan makanan ringan.

Selanjutnya, pada akhir tahun ajaran 2014/2015 (Juni-Juli 2015), pembangunan fisik sekolah tetap dilanjutkan yakni pembuatan toilet bagi siswa pria. Selama ini para siswa dan guru menggunakan toilet umum. Kondisi demikian kurang bagus di mata seorang kepala sekolah. Karena ketidaknyamanan dalam penggunaan satu toilet umum, maka kepala sekolah menindaklanjuti dengan pembuatan toilet baru bagi siswa pria dan guru. Toilet bagi siswa pria terletak di depan laboratorium biologi terdiri atas toilet berdiri dan toilet duduk(jongkok). Pekerjaan toilet bagi siswa pria telah rampung dan sudah digunakan bersamaan penerimaan siswa baru pada awal tahun ajaran 2015/2016.  Dengan tersedianya toilet baru bagi siswa pria maka toilet umum yang digunakan bersama selama ini dikhususkan bagi siswa putri. Setelah toilet siswa pria selesai dikerjakan, kini tiba giliran pembuatan toilet guru. Toilet guru  letaknya di samping ruang laboratorium biologi. Kedua toilet guru tersebut masing-masing dilengkapi dengan sebuah bak mandi dan alat pengisap udara yang kurang sedap.

Untuk mengatasi meluapnya air hujan di halaman depan sekolah pada saat musin hujan karena got air yang telah  dibuat tidak mampu menyalurkan debit air hujan yang cukup banyak, maka menjelang musim hujan tahun 2015 telah dibuat lubang peresapan  di halaman depan sekolah sebanyak 4 buah. Demikianlah seluruh proses pembangunan yang sedang berjalan di SMAK Anda Luri. Proyek membangun di SMAK Anda Luri dapat dilakukan karena adanya sumber dana dari berbagai pihak. Sumber dana untuk membangun SMAK Anda Luri datang dari antara lain  sumbangan pembangunan siswa baru, sumbangan perdana dari  siswa  kelas XII yang lulus ujian akhir dan bantuan dana dari Jerman yang berasal dari sahabat dan kenalan Pater Kus.

 
Share
comments

Tulisan Lain

Go to top