HomeBeritaMOS Siswa Baru 2015 di SMA Katolik Anda Luri

MOS Siswa Baru 2015 di SMA Katolik Anda Luri

Bersamaan dengan kembalinya siswa/i kelas XI dan XII SMAK Anda Luri dari liburan akhir semester genap, para siswa baru kelas X SMAK Anda Luri juga memulai kegiatan MOS hari pertama. Kegiatan ini berlangsung  selama 3 hari yakni tanggal 23-25 Juli 2015. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala SMAK Anda Luri dalam upacara bendera di halaman depan sekolah. Upacara pembukaan MOS ditandai dengan penyematan atribut MOS kepada sepasang peserta MOS oleh Kepala SMAK Anda Luri.

Beberapa atribut yang dikenakan oleh peserta MOS adalah kaos kaki sepak bola, papan nama, dot angin, untuk siswi rambut dikepang dua dengan tali rafia dan siswa pria berambut pendek. Pakaian yang digunakan oleh peserta MOS adalah pakaian seragam nasional. Jumlah peserta MOS adalah 273 orang yang terbagi dalam 7 rombong belajar.

Selama MOS berlangsung, mereka semua dibekali dengan sejumlah materi  yakni:
1. Visi dan Misi Sekolah
2. Wawasan Wiyata Mandala
3. Pendidikan Keselamatan berlalu lintas
4. Tata Tertib Sekolah dan Tata Krama
5. Bahaya Penggunaan Narkoba
6. Strategi dan Cara Belajar Efektif
7. Kepramukaan, lagu-lagu Nasional dan lagu Daerah
8. Pengenalan Lingkungan Sekolah
9. Olahraga rekreatif.


Yang membedakan kegiatan MOS tahun 2015 dengan tahun-tahun sebelumnya adalah adanya nara sumber yang dihadirkan yang berasal dari luar panitia MOS. Mereka itu berasal dari Polisi Lalu Lintas, Dinas Sosial dan Pembina Pramuka Kwarcab Sumba Timur. Masing-masing nara sumber menyampaikan materinya, yakni tentang keselamatan berlalu lintas oleh Polisi Lalu Lintas, tentang bahaya penggunaan narkoba dari  dinas sosial dan tentang kepramukaan oleh Pembina Pramuka Kwarcab Sumba Timur. Materi  MOS lainnya diberikan oleh panitia MOS SMAK Anda Luri.

Kegiatan MOS ini berlangsung dalam suasana aman dan tertib. Pada hari ketiga MOS diisi dengan ja'i bersama pada pagi hari. Setelah ja'i bersama para siswa peserta MOS mempersiapkan acaranya masing–masing untuk dibawakan dalam acara penutupan. Beberapa acara yang ditampilkan pada saat penutupan MOS adalah laporan panitia MOS oleh Wakasek Kesiswaan, Pentas Seni oleh siswa/i peserta MOS, sambutan Kepala SMAK Anda Luri. Acara penutupan MOS ditandai dengan melepas atribut MOS dari sepasang siswa oleh Kepala SMAK AndaLuri sebagai tanda bahwa MOS tahun 2015 telah berakhir.

 
Share
comments

Tulisan Lain

Go to top