HomeBerita11 Siswa SMA Katolik Anda Luri Tidak Lulus Ujian Sekolah

11 Siswa SMA Katolik Anda Luri Tidak Lulus Ujian Sekolah

Dalam pengumuman hasil ujian sekolah (US) bagi siswa kelas XII SMAK Anda Luri pada tanggal 15 Mei 2016, terdapat 189 siswa yang dinyatakan lulus US  dan 11 siswa tidak lulus. Ke-11 siswa yang dinyatakan tidak lulus US  berasal dari  dua program studi, yakni dari program Bahasa 2 orang dan program IPS 9 orang. Prosentase  kelulusan siswa kelas XII  SMA Katolik Anda Luri pada tahun 2015 adalah  94,5%.

Di Sumba Timur hanya ada 2 sekolah yang kelulusannya tidak mencapai 100%, yakni SMA Katolik Anda Luri dan SMA Negeri Wula Waijelu. Sedangkan SMA/SMK lainnya di Sumba Timur baik negeri maupun swasta semuanya  meluluskan siswanya 100%. Walaupun kedua sekolah tersebut tidak meluluskan siswanya 100 % tetapi tidak ada siswanya yang mendapat nilai 0 pada Ujian Nasional (UN). Ada sekolah yang kelulusannya 100% tetapi ada siswanya yang mendapat nilai 0 pada ujian nasional. Siswa yang mendapatkan nilai 0 pada UN ia tetap dinyatakan lulus US oleh sekolah karena nilai UN tidak berpengaruh pada kelulusan siswa.

"Kami tidak  mau meluluskan siswa kami  yang memang tidak pantas untuk lulus US. Kami tidak mau katrol nilai supaya siswa itu bisa lulus US," kata Kepala SMA Katolik Anda Luri dalam acara pembagian hasil US pada tanggal 15 Mei 2015. Kalau siswa mendapatkan nilai 1 ya nilainya 1, kata kepala sekolah. Itulah sebabnya mengapa kelulusan di SMA Anda Luri tidak mencapai 100 % karena tidak ada katrol nilai. Dalam acara pembagian hasil US tersebut disampaikan juga tentang perhitungan untuk mendapatkan nilai akhir. Nilai akhir siswa ditentukan dengan rumus 60% nilai rata-rata raport semester 3-5 ditambah 40% nilai ujian sekolah. Selain perhitungan nilai akhir siswa, disampaikan juga tentang kriteria kelulusan siswa.

Seorang siswa dinyatakan lulus US apabila memenuhi kriteria kelulusan sebagai berikut:
1. Nilai rata-rata seluruh mata pelajaran ujian sekolah mencapai 65 dan
2. Nilai setiap mata pelajaran minimal 55.
Apabila nilai siswa tidak memenuhi kriteria kelulusan maka ia dinyatakan tidak lulus US.

"Diawal berdirinya, SMA Katolik Anda Luri merupakan SMA pertama di Pulau Sumba. Sekolah ini menjadi sekolah favorit dan bermutu sehingga menghasilkan orang-orang yang bekerja di pemerintahan maupun di swasta bahkan telah menghasilkan  banyak pemimpin baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional," demikian ungkapan hati Bapak Aloysius Rasi sebagai perwakilan orang tua murid yang menyampaikan kata hati dalam acara pembagian hasil US di SMA Katolik Anda Luri. Lebih lanjut Bapak Alo Rasi mengatakan bahwa sekarang ini setelah berdirinya sekolah-sekolah negeri, maka SMAK Anda Luri menjadi pilihan yang kedua atau ketiga karena di sekolah negeri uang sekolahnya murah. Ia juga mengajak para orang tua/wali murid untuk menyekolahkan anaknya di SMAK Anda Luri karena SMAK Anda Luri sangat disiplin. Disiplin adalah modal awal untuk sebuah keberhasilan dan akan menghasilkan out put yang bermutu. Acara diakhiri dengan pemberian hasil US yang diterima langsung oleh orang tua/wali bersama siswa.

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top