HomeBeritaWorkshop Google Educator Group (GEG) Bagi Guru Sumba Timur

Workshop Google Educator Group (GEG) Bagi Guru Sumba Timur

Penggunaan teknologi dalam pendidikan kini menjadi sebuah kebutuhan. Salah satu teknologi yang bisa dimanfaatkan pengajar adalah sejumlah produk Google dalam bidang pendidikan. Sebanyak 17 orang guru di Sumba Timur dari tingkatan SMP sampai SMA/SMK mengikuti workshop tentang produk Google. Para guru yang mengikuti workshop adalah mereka yang telah bergabung dalam Google Educator Group (GEG) Sumba Timur.

Dari 17 orang guru Sumba Timur tersebut terdapat 4 orang guru dari SMA Katolik Anda Luri yang mengikuti kegiatan tersebut,yakni Aloysius Pati,A.Md,Marten B.Nggayu,S.Pd,Melkianus U.Dady,S.Pd dan Yulita Adelfin Lede,S.Pd. Workshop tersebut membekali para guru Sumba Timur untuk mampu memanfaatkan produk Google dalam bidang pendidikan. Untuk itu GEG Sumba Timur menghadirkan Trainer Indonesia Antonius Oky Andrianto dari GEG Indonesia. Sejumlah materi tentang Google diberikannya dalam kegiatan tersebut. Mengawali kegiatan tersebut, dalam sambutannya Kepala SMA Katolik Anda Luri mengatakan sangat mendukung kegiatan ini. Karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pendidik dan anak didik. Lebih lanjut kepala SMA Katolik Anda Luri yang menyelesaikan Master Pendidikan di Jerman mengungkapkan pengalamannya selama belajar di Jerman. Inilah ungkapan hatinya, "Saya melihat pelajar-pelajar di Jerman telah menggunakan laptop dalam KBM maupun diluar KBM, sementara di Indonesia khususnya di Sumba, para pelajar lebih banyak menggunakan internet untuk Facebook atau mengakses sesuatu di Youtube. Selain itu, saya juga mahir bermain musik karena saya rajin belajar sendiri tentang musik di internet."

Pastor Kepala Sekolah yang menguasai musik secara autodidak dapat membagikan ketrampilan bermain musik ke anak didiknya di SMA Katolik Anda Luri. Di era teknologi dan informasi saat ini guru harus melek teknologi dan dapat mengikuti perkembangan zaman sehingga tidak ada lagi guru yang gagap teknologi (gaptek) kata Kabid SMA Dinas PPO Sumba Timur yang juga hadir dalam kegiatan tersebut. Kehadiran Kabid SMA Dinas PPO Sumba Timur dalam rangka memberikan sambutan dan membuka secara resmi kegiatan work shop GEG Sumba Timur.

Dalam kegiatan ini Antonius Oky Andrianto memperkenalkan penggunaan produk Google yang bermanfaat untuk dunia pendidikan. Salah satunya adalah Google drive, yaitu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat soal-soal ujian kepada siswa secara online. Para guru juga bisa menyimpan datanya di Google dokumen agar data-datanya bisa diakses kembali bila dibutuhkan.

Kegiatan workshop GEG berlangsung di Aula SMA Katolik Anda Luri pada tanggal 1 Mei 2015. Tentu saja kegiatan yang berlangsung hanya satu hari ini belum cukup bagi para peserta untuk membekali dirinya dalam memanfaatkan produk-produk Google. Mudah-mudahan melalui GEG Sumba Timur yang dikoordinir oleh Umbu Oscar Tamu Ama, para guru dapat membagi pengalamannya dalam penggunaan produk Google untuk kegiatan pembelajaran.

 
Share
comments

Tulisan Lain

Go to top