HomeBeritaUjian Nasional Susulan di SMAK Anda Luri

Ujian Nasional Susulan di SMAK Anda Luri

Beberapa SMA/SMK di Kabupaten Sumba Timur mengikuti Ujian Nasional susulan. Ujian susulan dilaksanakan di SMAK Anda Luri dari tanggal 20-23 April 2015. Beberapa sekolah yang mengikuti ujian susulan adalah SMA Negeri 1 Waingapu, SMA Negeri 1 Pandawai, SMA Negeri Wulla Waijelu, SMA Negeri 3 Waingapu, SMK Negeri Waingapu, SMA Negeri Lewa. Satu-satunya sekolah swasta yang mengikuti ujian susulan adalah MAS Kamalaputi.

 

Beberapa hal yang menjadi kendala sehingga beberapa SMA/SMK mengikuti ujian susulan pada tahun 2015, antara lain kesalahan teknis yang dilakukan oleh pengawas ruang ujian seperti yang terjadi di SMA Negeri Kawangu. Kesalahan teknis ini terjadi pada hari pertama untuk mata ujian Bahasa Indonesia. Dalam salah satu ruang ujian di sekolah tersebut, pengawas ruang ujian telah memisahkan terlebih dahulu lembaran paket soal dari lembar jawaban. Akibatnya kode paket soal dengan lembar jawaban terpisah. Dengan demikian sejumlah siswa (terbanyak) dari SMA Negeri Pandawai Kawangu terpaksa mengikuti ujian susulan. Selain karena kesalahan teknis yang dilakukan oleh pengawas ruang ujian, sejumlah peserta ujian susulan tidak dapat mengikuti ujian utama karena sakit. Ada juga peserta ujian susulan yang berstatus sebagai tahanan kejaksaan karena siswa tersebut terlibat dalam sebuah kasus. Itulah beberapa hal yang dialami oleh peserta UN utama tingkat SMA/SMK Kabupaten Sumba Timur sehingga diselenggarakannya ujian susulan.

Ujian susulan itu sendiri berlangsung selama 4 hari yakni 20-23 April 2014. Lalu timbul pertanyaan, ”Mengapa SMAK Anda Luri dipilih menjadi tempat penyelenggaraan UN susulan pada tahun 2015, padahal SMAK Anda Luri sendiri tidak mempunyai peserta ujian susulan? Kepala SMA Katolik Anda Luri mengatakan, “Panitia UN Kabupaten dengan kepala SMAK Anda Luri telah menjalin komunikasi yang baik sejak tahun lalu (tahun 2014). Ketika itu terdapat sejumlah siswa SMAK Anda Luri dari 1 ruang ujian kelas IPA terpaksa mengikuti ujian susulan karena kesalahan teknis yang dilakukan oleh pengawas ruang ujian. Panitia UN tingkat kabupaten waktu itu memilih SMAK Anda Luri sebagai tempat penyelenggaraan UN susulan untuk tingkat SMA/SMK Kabupaten Sumba Timur. Selain itu, karena panitia UN Kabupaten melihat suasana di SMAK Anda Luri  sangat kondusif untuk diselenggarakannya ujian susulan”.

Berangkat dari pengalaman itu, maka  panitia UN kabupaten tetap memilih SMAK Anda Luri sebagai tempat untuk diselengarakannya UN susulan tahun 2015. Sebagai tuan rumah yang baik, tentunya SMAK Anda Luri memberikan dukungan penuh agar ujian susulan dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar. Wujud nyata dukungan SMAK Anda Luri tampak antara lain dalam mempersiapkan ruang ujian untuk peserta ujian susulan, ruangan untuk para pengawas dan para tamu pemantau ujian susulan serta menyiapkan snack bagi para pengawas ujian tersebut. UN susulan yang berlangsung selama 4 hari dipantau langsung oleh para pejabat dari dinas PPO Sumba Timur.

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top