HomeBeritaUjian Nasional 2015 di SMAK Anda Luri

Ujian Nasional 2015 di SMAK Anda Luri

Ujian Nasional hari pertama di SMA Katolik Anda Luri dilaksanakan pada tanggal 13 April 2015. Mata ujian pada hari pertama adalah Bahasa Indonesia dan Sastra untuk program Bahasa, Bahasa Indonesia dan Kimia untuk program IPA, Bahasa Indonesia dan Geografi untuk program IPS. Ujian dimulai tepat jam 7.30 dan berakhir pada jam 12.30 Wita dengan waktu istirahat 30 menit. Jumlah peserta UN pada hari pertama sebanyak 200 orang yang terbagi dalam 11 ruangan ujian. Peserta ujian terdiri dari 3 program studi. Untuk program Bahasa 17 orang (1 ruang), IPA 54 orang (3 ruang) dan IPS 129 orang (7 ruang).

 

Pada hari kedua, Selasa 14 April 2015, mata ujiannya adalah Matematika dan Antropologi untuk program Bahasa, Matematika dan Biologi untuk program IPA, Matematika dan Sosiologi untuk Porgram IPS. Pada hari ketiga (hari terakhir), Rabu 15 April 2015, diujikan mata ujian Bahasa Inggris dan Bahasa Jerman untuk program Bahasa, Bahasa Inggris dan Fisika untuk program IPA, Bahasa Inggris dan  Ekonomi untuk program IPS. Secara keseluruhan pelaksanaan ujian nasional dari hari pertama sampai hari terakhir  berjalan dengan baik, aman dan lancar. Ada beragam tanggapan para siswa tentang UN 2015. Dari bincang-bincang dengan beberapa siswa, mereka beranggapan bahwa semua soal UN mudah dikerjakan karena soal-soalnya sudah dibahas oleh guru mata pelajaran pada saat les tambahan.

Soal-soal yang telah dibahas oleh guru mata pelajaran pada les tambahan diambil dari soal-soal kegiatan try out, ujian semester, ujian sekolah dan soal UN beberapa tahun terakhir. Namun tidak sedikit juga siswa yang merasa kesulitan mengerjakan soal-soal ujian nasional oleh karena kurangnya persiapan mereka. Kesan tentang mudahnya soal tersebut diutarakan oleh Anggreini Debora Lomi dari kelas XII-IPS. Kesan yang sama juga datang dari Frengky Pipi Ratu Ndima (XII-IPA) dan Steevan Umbu K. Tarandima (XII-Bahasa) Mudah sukarnya soal memang sangat bergantung dari kesiapan para siswa. Menjelang UN pihak sekolah telah mempersiapkan para siswanya melalui les tambahan dengan melakukan modifikasi roster khusus untuk mata pelajaran UN. Melalui modifikasi roster, guru mata pelajaran UN mendapat tugas tambahan 4 jam mengajar dari jumlah jam yang sebenarnya, sehingga guru mata pelajaran UN mengajar rata-rata 8 jam perhari di kelas XII untuk 5 rombongan belajar.

Sebagaimana dikatakan oleh Menbud Dikdasmen Anies Baswedan bahwa hasil UN kali ini bukanlah penentu kelulusan bagi seorang siswa, maka yang menentukan kelulusan adalah Satuan Pendidikan. Sedangkan hasil UN 2015 sebagai pemetaan kemampuan belajar siswa dan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, serta sebagai penilaian kinerja guru dan sekolah. Beberapa catatan penting  selama berlangsungnya ujian nasional di SMAK Anda Luri, yakni: 1. Suasana pelaksanaan ujian nasional sangat kondusif dari hari pertama sampai hari terakhir. 2. Semua peserta UN hadir untuk mengikuti UN dari hari pertama sampai hari terakhir. 3. Peserta UN mengerjakan soal UN dengan jujur dan tertib. 4. Keamanan di seputar kompleks sekolah ditangani oleh para anggota Polres Sumba Timur. 5. Pelaksanaan UN dimonitoring langsung oleh para pejabat yang berkepentingan dari dinas PPO Sumba Timur melalui kunjungan langsung ke sekolah. Seluruh rangkaian kegiatan UN di SMAK Anda Luri diakhiri dengan makan siang bersama Panitia UN dengan para pengawas UN di SMAK Anda Luri.

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top