HomeBeritaDari Kulkas Kosong, Menjadi Koperasi SMAK Anda Luri

Dari Kulkas Kosong, Menjadi Koperasi SMAK Anda Luri

Cikal bakal terbentuknya koperasi sekolah di SMAK Anda Luri adalah berawal dari sebuah kulkas kosong yang ditempatkan di ruangan guru. Kulkas yang diadakan dari dana BOMM itu pada mulanya diisi dengan air aqua yang dapat dimanfaatkan oleh para guru dan pegawai untuk melepas dahaga. Karena minimnya dana untuk menyiapkan minuman dingin gratis, kulkas tersebut lalu dialihfungsikan menjadi tempat penjualan makanan ringan bagi guru dan pegawai.

Untuk menyiapkan makanan ringan, modal awalnya berasal dari uang pribadi kepala sekolah. Makanan dan minuman ringan cukup tersedia di kulkas dengan daftar harga yang tertera di pintu kulkas. Dengan demikian setiap pembelian dapat dibayar sesuai harga yang telah ditentukan. Untuk itu disiapkan sebuah kotak pembayaran di atas kulkas yang dinamakan “Kotak Kejujuran” dan kulkasnya bernama ”Kulkas Kejujuran”.

Dari kulkas kejujuran diperoleh keuntungan sedikit demi sedikit  dan modal awalnya dikembalikan kepada kepala sekolah. Keuntungan yang diperoleh dari penjualan makanan ringan telah dipergunakan untuk piknik bersama guru dan pegawai SMAK Anda Luri pada akhir semester genap tahun ajaran 2013/2014. Berawal dari kotak kejujuran dan kulkas kejujuran itu terbentuklah koperasi SMA Katolik Anda Luri. Agar koperasi yang sudah terbentuk memiliki tempat yang layak  maka salah satu ruangan di samping aula direhab serta dibuatkan tempat untuk menyimpan barang-barang yang akan dijual. Menjelang ujian akhir semester ganjil, ruangan koperasi telah selesai dikerjakan dan dapat dipergunakan untuk menjual kebutuhan siswa, guru dan pegawai.

Untuk mengisi barang-barang pada koperasi, seperti makanan ringan, kopi, snack, minuman aqua dan minuman penyegar lainnya, alat tulis-menulis, pakaian seragam kotak-kotak dan pakaian olah raga untuk siswa, maka dibutuhkan modal yang cukup. Modalnya berasal dari sisa dana penerimaan siswa baru sebesar Rp 4.466.000. Dengan modal tersebut, barang-barang yang dibutuhkan oleh siswa, guru dan pegawai dapat disiapkan di koperasi sekolah. Dengan modal yang masih terbatas, koperasi SMA Katolik Anda Luri mencoba memulai usahanya. Untuk sementara, koperasi tersebut dikelola oleh Ibu Emyliana Agnes Ngongo, S.Pd.T sebagai guru mulok. Setelah usaha ini berkembang, kiranya nanti akan ada tenaga pengelola tetap yang dapat mengurus koperasi tersebut. Mudah-mudahan Koperasi SMAK Anda Luri dapat berkembang lebih maju sehingga dapat bermanfaat bagi keluarga besar SMAK Anda Luri.

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top