HomeBeritaSMA Katolik Anda Luri Berusia 55 Tahun

SMA Katolik Anda Luri Berusia 55 Tahun

Tanggal 20 Oktober merupakan tanggal yang sangat istimewa bagi keluarga besar SMAK Anda Luri. Istimewa karena pada tanggal tersebut selalu dirayakan ulang tahun sekolah yang diisi dengan berbagai kegiatan.

Hal ini tentu sangat beralasan karena tanggal 20 Oktober merupakan tanggal berdirinya SMAK Anda Luri, tepatnya pada tanggal 20 Oktober 1959. Untuk itulah maka  tanggal 20  Oktober 2014 ketika sekolah genap berusia 55 tahun, para siswa, guru dan pegawai SMAK Anda Luri merayakannya secara bersama-sama. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain: misa syukur, kegiatan olahraga, panggung gembira dan resepsi sederhana.

Perayaan Misa pada tanggal 20 Oktober 2014 dipimpin oleh P. Efrrem Bolly, CSsR sebagai selebran utama dan didampingi oleh tiga pastor lainnya. Pada awal perayaan misa tersebut, Pater Efrem Bolly, CSsR yang juga merupakan alumni SMAK Anda Luri mengatakan bahwa ada tiga peristiwa penting yang terjadi pada bulan Oktober tahun 2014 ini. Periswa penting yang pertama adalah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI (Jokowi dan Jusuf Kalla) pada tanggal 20 Oktober 2014, yang kedua adalah perayaan 125 tahun masuknya Gereja Katolik di Pulau Sumba yang dirayakan pada tanggal 30 Oktober 2014 dan yang ketiga adalah peringatan hari ulang tahun sekolah pada tanggal 20 Oktober 2014.

Dalam khotbahnya, Paterr Efrem yang juga merupakan staf pengajar di SMAK Anda Luri mengatakan bahwa pelaut yang tangguh tidak lahir dari laut yang tenang, dan orang yang hebat tidak lahir dari situasi tanpa tantangan. Katanya pula, menjadi orang hebat tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun harus dilalui dengan perjuangan, kerja keras, dengan bercucuran keringat dan air mata. Selain itu, ia menginspirasi peserta misa dari pengalaman pribadi seorang pembuat kaki palsu di Bali yang juga menggunakan kaki palsu. Dalam keterbatasannya, ia ulet dan tekun menjalani pekerjaannya. Karena keuletannya, lalu ia mendapatkan piagam penghargaan dari presiden RI pada masa pemerintahan SBY. Selanjutnya Pater Efrem mengatakan bahwa zaman sekarang ini hanya orang-orang yang punya ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang bisa berhasil.

Mengakhiri khotbahnya, ia menghimbau para siswa  agar tidak melupakan SMAK Anda Luri sebagai tempat para siswa menimba ilmu. Setelah perayaan misa di gereja, kegiatan dilanjutkan dengan acara panggung hiburan di aula SMAK Anda Luri. Panggung hiburan diisi oleh perwakilan dari masing-masing kelas seperti Vokal Grup,Tarian Sumba Timur, Drama, Lawak dan Dance. Setelah itu, para siswa ke kelasnya masing-masing untuk acara resepsi bersama wali kelasnya. Selama 55 tahun, SMAK Anda Luri telah mencerdaskan anak-anak bangsa. Ia telah menjadi oase gurun di Pulau Sumba tempat anak-anak bangsa menimba ilmu pengetahuan. Ia telah melintasi zaman dan melahirkan orang-orang yang sukses dalam hidup mereka. Happy birthday to you. Anda Luri 20 Oktober 2014. Jayalah selalu Anda Luri!

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top