HomeBeritaDede Terpilih Sebagai Anggota Paskibraka Tingkat Propinsi NTT

Dede Terpilih Sebagai Anggota Paskibraka Tingkat Propinsi NTT

Siswa ini bernama Yoseph Oktaviano B.K. Gia, biasa disapa Dede. Dede lahir di Jakarta pada 08-10-1996 dari pasangan Gregorius Gia dan Helena Bili Kadi. Kedua orang tuanya berasal dari Flores dan Sumba Barat Daya-Propinsi NTT. Sejak kecil Dede telah berpisah dengan ayahnya karena ia dibesarkan oleh keluarga ibunya di Sumba Barat Daya, Propinsi NTT.

Hingga kini Dede hanya berkomunikasi lewat telpon dengan ayahnya yang berprofesi sebagai sopir truk di Jakarta, sementara ibunya merantau di Kalimantan. Dede merindukan bahwa suatu saat ia dapat manatap wajah ayahnya. Dede adalah  putra kedua dari lima bersaudara, ketiga adiknya masih duduk di bangku SMP dan SD. Pada tahun 2013, Dede terdaftar sebagai siswa baru di SMA Katolik Anda Luri, hingga kini pada tahun 2014 ia menjadi siswa kelas XI-IPS4. Dengan tinggi badan 176 cm, ia terpilih menjadi anggota Pakibraka tingkat propinsi NTT pada upacara bendera tanggal 17-08-2014 di Kupang.

Sebagai anggota Paskibraka tingkat Propinsi NTT, Dede bersama beberapa temannya dari Kabupaten Sumba Timur menjalani latihan Paskibraka di Kupang sebelum hari raya kemerdekaan. Kurang lebih tiga minggu, Dede dengan kawan-kawannya dilatih oleh anggota Brimob, TNI Angkatan Laut, angkatan udara dan Kopaska di Kupang. Karena ketekunannya berlatih dan kemampuannya untuk memimpin, Dede terpilih menjadi komandan untuk semua anggota pasukan. Dede yang bercita-cita menjadi brimob setelah tamat  dari SMA, mengatakan bahwa latihan yang dijalani di Kupang sangat ketat dan disiplin, mulai dari bangun pagi pukul 4.30 langsung berolah raga, pukul 6.00 apel pagi, makan pagi pukul 6.30 hanya 10 menit. Semuanya dijalani di Asrama Diklat-Dinas PPO Propinsi, lalu ke Rujab untuk menjalani latihan Paskibraka pukul 7.00-12.00, sesudah itu kembali ke asrama diklat untuk makan siang pukul 12.30, dilanjutkan dengan latihan fisik sampai sore hari. Ini semua dilaksanakan menjelang upacara bendera 17-08-2014.

Setelah Dede dengan kawan-kawan menjalani latihan rutin kurang lebih tiga minggu, tiba saatnya mereka semua tampil dalam Upacara Bendera pada perayaan 17-08-2014 di Kupang yang dipimpin oleh Dede sebagai komandan Paskibraka. Setelah menjalankan tugasnya sebagai anggota Paskibaraka di Kupang, maka pada tanggal 20-08-2014 Dede bersama teman-temannya kembali ke daerahnya masing-masing. Sebagai penghargaan bagi Dede dengan kawan-kawannya, pemerintah daerah memberikan sertifikat dan uang saku Rp 1.200.000. Tugas Dede sebagai anggota Paskibraka telah selesai dijalankannya pada tanggal 17-08-2014. Tentu banyak hal positif yang diperoleh Dede selama mengikuti latihan di Kupang yang berguna bagi Dede sendiri maupun bagi teman-teman di SMA Katolik Anda Luri. Kiranya hal-hal positif yang berguna tetap dibawa dalam tugas selanjutnya sebagai pelajar dan bagi rekan-rekan di SMA Katolik Anda Luri. Untuk itu kami ucapkan selamat dan proficiat bagi Dede dan sukses selalu bagimu untuk cita-cita selanjutnya.

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top