HomeBerita 31 Siswa Tidak Naik Kelas Pada Ujian Akhir Semester Genap 2013/2014 di SMA Katolik Anda Luri

31 Siswa Tidak Naik Kelas Pada Ujian Akhir Semester Genap 2013/2014 di SMA Katolik Anda Luri

Dua minggu setelah pengumuman hasil ujian nasional bagi siswa kelas XII SMA Katolik Anda Luri pada tanggal 21 Mei 2014, kini tiba giliran bagi adik-adik kelas XII untuk menempuh ujian akhir semester genap (kenaikan kelas) dari tanggal 2-7 Juni 2014. Hasil ujian akhir semester genap yang diperoleh seorang siswa akan menentukan keberhasilan seorang siswa ke jenjang kelas berikutnya dan penjurusan bagi siswa/i kelas X yang naik ke kelas XI.

Selain penjurusan bagi siswa/i kelas X yang naik ke kelas XI, para siswa kelas XI juga sudah harus menggunakan kurikulum 2013 dengan segala macam tuntutannya. Sedangkan siswa/i kelas XI yang naik ke kelas XII tetap menggunakan kurikulum KTSP. Dengan demikian pada tahun ajaran 2014/2015 di SMA Katolik Anda Luri terdapat  dua jenis kurikulum yang dijalankan sekaligus.

Ujian semester bagi siswa/i kelas X dan XI yang berlangsung selama satu minggu, berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh panitia ujian semester. Setelah selesai ujian semester, para siswa mengisi waktunya dengan mengadakan kegiatan class meeting, yakni pertandingan volley antar kelas. Sementara itu para guru juga sibuk mempersiapkan nilai hasil ujian para siswa untuk rapat evaluasi nilai semester genap. Dari hasil rapat evaluasi nilai, dewan guru memutuskan bahwa 31 siswa dinyatakan tidak berhasil naik ke jenjang kelas berikutnya. Adapun mereka terdiri dari 28 siswa kelas X tidak naik ke kelas XI dan 3 siswa kelas XI tidak naik ke kelas XII. Ketidakberhasilan seorang siswa untuk naik ke kelas berikutnya disebabkab oleh faktor ketidakseriusan siswa itu sendiri dalam belajar. Hal itu ditunjukkan oleh nilai-nilai yang diperoleh siswa, yakni nilai ulangan harian, nilai tugas, nilai ujian tengah semester dan nilai ujian akhir semester yang rendah. Sedangkan jumlah siswa yang berhasil naik ke kelas berikutnya sebanyak 374 siswa, yakni kelas X 178 siswa: jurusan IPA 33 siswa, Bahasa 22 siswa, IPS 123 siswa dan kelas XI yang naik ke kelas XII sebanyak 196 siswa.

Berakhirnya semester genap 2013/2014 ditandai dengan misa bersama guru, pegawai dan siswa  di Gereja Katolik Sang Penebus Wara Waingapu dan penerimaan hasil belajar siswa di ruang kelas masing-masing yang diterima oleh orang tua/wali siswa pada tangal 18 Juni 2014. Sesudah pembagian raport, para siswa kelas X dan XI SMA Katolik Anda Luri menikmati masa liburan semester genap tahun ajaran 2013/2014 selama kurang lebih 3 minggu dari tanggal 18 Juni-12 Juli 2014. Memasuki tahun ajaran baru 2014/2015, SMA Katolik Anda Luri membuka pendaftaran  bagi siswa baru. Untuk itu keluarga besar SMA Katolik Anda Luri mengucapkan selamat menikmati masa liburan bagi siswa/i kelas X dan XI SMA Katolik Anda Luri dan selamat datang bagi siswa baru di SMA Katolik Anda Luri.

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top