HomeBeritaMobil Internet Beroperasi di SMAK Anda Luri

Mobil Internet Beroperasi di SMAK Anda Luri

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik menghendaki supaya setiap warga negara berhak memperoleh informasi secara transparan, cepat, mudah, tepat waktu dan murah. Hal ini memungkinkan warga untuk mengakses dan mendapatkan informasi, karena hal itu merupakan hak asasi manusia, sehingga terwujudlah kehidupan berbangsa dan bernegara yang demokratis. 

Untuk melaksanakan amanat Undang-Undang tersebut, Pemda Sumba Timur dalam hal ini Dinas Informasi dan Komunikasi (INFOKOM) Kabupaten Sumba Timur membangun komunikasi/kerjasama dengan sekolah-sekolah, baik sekolah swasta maupun negeri dari jenjang pendidikan SD sampai SMA/SMK, dengan memberikan pelayanan internet secara gratis selama 4 jam per hari bagi setiap sekolah.

Tawaran kerjasama dari pemerintah daerah tersebut tidak disia-siakan oleh SMA Katolik Anda Luri, sehingga selama dua hari berturut-turut yakni tanggal 13-14 Mei 2014 mobil internet beroperasi di halaman depan SMAK Anda Luri. Kegiatan ini hanya berlangsung pada saat jam pelajaran TIK sehingga tidak mengganggu jadwal KBM untuk mata pelajaran lainnya. Ketika kami menemui Kepala Dinas Infokom Kabupaten Sumba Timur di ruang kerjanya, ia mengungkapkan kegembiraannya bahwa sekolah pertama yang langsung menanggapi tawaran ini adalah SMAK Anda Luri.

Lebih lanjut Kadis Infokom mengatakan bahwa tujuan dioperasikannya mobil internet di sekolah-sekolah adalah agar para siswa dapat menggunakannya sebagai sarana belajar berinternet. Di samping itu, hal ini  juga bermaksud membantu sekolah-sekolah dalam hal memproses Data Pokok Pendidikan (DAPODIK). Perlu diketahui, kehadiran mobil internet di SMAK Anda Luri ini adalah bukan yang pertama kalinya. Tahun lalu mobil tersebut sudah beroperasi atas permintaan dari SMAK Anda Luri.

Mudah-mudahan tawaran kerjasama yang telah dibangun oleh pihak pemerintah dengan SMAK Anda Luri dalam hal berinternet tetap berlanjut terus dengan memperhatikan waktu yang tepat untuk pelaksanaan kegiatan tersebut. Kiranya antusiasme SMAK Anda Luri untuk kegiatan ini ditanggapi secara positif oleh pemerintah dengan memberikan sarana berinternet bagi SMAK Anda Luri. Semoga!

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top