HomeKomunitasProfil GuruProfil Guru: Yohanes Eduard Malo,S.Pd

Profil Guru: Yohanes Eduard Malo,S.Pd

Guru ini bernama Yohanes Eduard Malo. Lahir di Praiwora, 20Juni 1992 dan biasa disapa Edu atau Pak Edu. Ia merupakan anak pertama dari 3 bersaudara dari bapak Marthinus Malo dan ibu Maria Waluwanja. Bapanya berasal dari Kabupaten Sumba Barat Daya dan ibu dari Kabupaten Sumba Timur. Kedua orang tuanya berdomisili di Wangga, Waingapu ,Kabupaten Sumba Timur, Propinsi NTT.

Pak Edu menyelesaikan pendidikan di TK Negeri Pembina 1999, SD Inpres Uma Mapu 2004, SMP Negeri 2 Waingapu 2007, SMK Negeri 1 Waingapu 2010, semuanya di Waingapu Sumba Timur, NTT. Setelah menyelesaikan pendidikan di SMK, ia melanjutkan pendidikan di Undana Kupang, FKIP Sejarah. Pada tahun 2016, ia menyelesaikan pendidikan di Undana Kupang. Menjadi guru bukanlah cita-cita utama dari Pak Edu, karena latar belakang pendidikan menengah yang ditempuhnya adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK jurusan perkantoran). Ia berharap, setelah tamat dari SMK, ia dapat langsung bekerja. Tetapi harapannya untuk langsung bekerja setelah tamat dari SMK tidak tercapai. Karena situasi seperti itulah, lalu Pak Edu memutuskan untuk melanjutkan kuliah di Undana Kupang.

Di Undana ia masuk di FKIP Pendidikan Sejarah. Kuliah di perguruan tinggi baik di negeri maupun swasta tentu membutuhkan banyak biaya. Dengan penghasilan ayah yang kecil sebagai sopir tentu tidak cukup untuk membiayai kuliah Pak Edu dan kedua adiknya yang masih sekolah. Untuk itulah ibunya harus  turun tangan untuk membantu menambah penghasilan suami. Dengan cara inilah, maka Pak Edu dapat melanjutkan kuliah dan kedua adiknya tetap melanjutkan sekolah. Berkat ketekunan Pak Edu, maka pada Januari 2016 ia dapat menyelesaikan pendidikannya di Undana Kupang dan diwisuda sebagai Sarjana Pendidikan Sejarah. Dengan ijasah sarjana sejarah yang dimilikinya, lalu Pak Edu mengajar  sejarah di SMAK Anda Luri. Pak Edu diangkat oleh Yapnusda Sumba Timur sebagai guru kontrak Yapnusda pada tahun ajaran 2016/2017. Di SMAK Anda Luri, Pak Edu mengajar Sejarah dengan jumlah  jam 20 jam pelajaran. Selain mengajar sejarah, Pak Edu mendapat tugas tambahan sebagai wali kelas X-F. Pak Edu yang masih berstatus bujang mempunyai motto ”Sukses Bukanlah Tujuan Akhir Tapi Sukses Merupakan Sebuah Proses”. Jika ingin berkenalan dengan Pak Edu, silakan kontak lewat email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. atau melalui media sosial lainnya.

 

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top