HomeKomunitasProfil GuruProfil Guru: Aloysius Toda Bulu, SM

Profil Guru: Aloysius Toda Bulu, SM

Bapak yang satu ini bernama Aloysius Toda Bulu. Ia lahir di SBD pada tanggal 1 November 1955. Pendidikan SD hingga SMP diselesaikannya di Sumba Barat Daya pada tahun 1968 dan 1973 serta tamat SMA Katolik Anda Luri pada tahun 1976.  Setelah tamat SMA ia melanjutkan studi di FKIP UNDANA Kupang, dan menyelesaikan studinya pada jurusan Civics Hukum tahun 1981. Berbekal ijasah Sarjana Muda Civics Hukum, ia menjadi guru honorer dari tahun 1983 - 1985 di SMA Negeri Oesao - Kupang Timur yang baru dirintis pendiriannya pada waktu itu.

Ia bernostalgia tentang pengalaman pertamanya menjadi guru di SMA Negri yang baru dibuka itu katanya, ”Honor saya kecil sekali, hanya Rp 10.000/bulan, makanya biaya transportasi pergi pulang ditanggung oleh anak-anak, karena jarak sekolah dengan tempat tinggal 35 km dan kadang-kadang saya menumpang mobil kepala sekolah. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat saya untuk tetap melaksanakan tugas, karena itulah cita-cita dan panggilan hidup saya."

Sesudah itu pada tahun 1984 ia mengikuti test CPNS dan berhasil lulus. Ia kemudian diangkat menjadi guru PMP (sekarang PKN) dan sejarah di almamaternya sejak September 1985 hingga saat ini. Pria yang masih berstatus lajang ini senantiasa mendorong para siswanya agar belajar secara teratur dan tekun guna meraih prestasi serta dapat bersaing secara sehat dalam belajar. Beginilah ungkapan hatinya kepada    para siswa, “Engkau punya pintar sama dengan saya punya bodoh."

Atas pengabdiannya sebagai guru selama 26 tahun, maka pada tahun 2011 ia telah mengikuti sertifikasi guru dan pada tahun 2012  mendapat penghargaan Setya Lencana  dari Presiden RI. Sekarang tinggal 2 tahun lagi ia berkarya di SMA Katolik Anda Luri karena ia akan memasuki masa pensiun pada tahun 2015.

Usulannya bagi kemajuan SMA Katolik Anda Luri: agar penentuan kenaikan kelas dari kelas X ke Kelas XI berdasarkan kemampuan yang selektif dengan juga memperhatikan sikap dan perilaku siswa. Penegakan disiplin harus terus ditingkatkan agar SMA Katolik Anda Luri tetap eksis pada masa-masa yang akan datang.

Share
comments

Tulisan Lain

Go to top